Cara Menghitung Biaya Gambar Bangunan - Arsitur Media Desain

Cara Menghitung Biaya Gambar Bangunan

- 12/12/2018


Ada 3 cara menghitung biaya gambar bangunan yang saya ketahui. Biaya tersebut berbeda pada masing-masing penyedia jasa gambar bangunan atau gambar kerja arsitek.

Cara Menghitung Biaya Gambar Bangunan
Cara Menghitung Biaya Gambar Bangunan


Arsitek dalam menyediakan jasa gambar memiliki perhitungan tersendiri sesuai dengan beban kerja yang akan dilakukan.

Mendesain dan menggambar adalah dua hal yang berbeda. Mendesain adalah kegiatan menerjemahkan ide-ide dan kebutuhan klien menjadi gambar kerja yang siap dibangun. Mendesain membutuhkan keahlian desain dan keahlian menggambar. Sementara menggambar saja jauh lebih mudah.

Biaya per item pekerjaan
Biaya per item pekerjaan dihitung berdasarkan bagian mana saja yang akan didesain atau digambar. Standar harga yang digunakan berbeda untuk masing-masing penyedia jasa gambar. Namun kisaran harga yang saya tahu adalah sekitar 5% -7% dari RAB. Misalkan sebuah bangunan rumah harganya 1 Miliar, maka harga desainnya sekitar 50 juta.

Biaya per meter persegi
Menggunakan biaya per meter persegi maksudnya adalah biaya dikenakan pada tiap meter persegi yang terdesain atau tergambar. Biaya desain per meter persegi berkisar antara 100 - 200 ribu tergantung kualitas arsiteknya. Sementara biaya gambar berkisar antara 25 - 50 ribu per meter persegi tergantung tingkat kerumitan gambar.

Biaya per lembar gambar
Biaya per lembar biasanya digunakan untuk gambar IMB atau gambar as built drawing. As built drawing artinya menggambar sesuai kondisi bangunan atau kondisi eksisting. Biaya per lembar mulai 50 - 200 ribu per lembar gambar sesuai tingkat kerumitan.

Nah demikian mengenai harga desain dan harga gambar bangunan. Masing-masing penyedia jasa memiliki standar harga tersendiri. Berbeda daerah juga biasanya berbeda harga.



Silahkan tuliskan komentar, Jika ingin berdiskusi lebih lanjut silahkan email ke parsikaproject@gmail.com
EmoticonEmoticon

 

Ketikan dan tekan Enter