Menyusun Komponen Biaya Renovasi Rumah - Arsitur Media Desain

Menyusun Komponen Biaya Renovasi Rumah

- 11/28/2018


Menyusun Biaya Renovasi Rumah harus memperhatikan komponen-komponen pekerjaan yang terlibat dalam proses reovasi itu sendiri. Besarnya biaya tergantung seberapa banyak bagian rumah yang diubah atau ditambahkan. Berikut rincian biaya masing-masing komponen pekerjaan :

Menyusun Komponen Biaya Renovasi Rumah
Menyusun Komponen Biaya Renovasi Rumah

 

1. Biaya Pekerjaan Pembongkaran

Salah satu indikator biaya yang harus dihitung dalam pekerjaan renovasi adalah biaya untuk membongkar bangunan lama. Tak peduli itu adalah bongkaran untuk keseluruhan atau hanya sebagian kecil saja. Biasanya orang mengabaikan biaya pekerjaan pembongkaran, namun kaget ketika melihat jumlah biaya akhir yang membengkak.

Pekerjaan Pembongkaran juga memerlukan biaya yang tak sedikit. Kita juga perlu memikirkan ongkos harian pekerja dan sewa alat pembongkaran. Dengan begitu, pekerjaan pembongkaran mestinya dimasukkan ke dalam perencanaan biaya.

2. Biaya Pekerjaan Struktur

Biaya pekerjaan struktur terjadi apabila dalam renovasi melibatkan perbaikan pada bentuk ruang atau bentuk bangunan. misalnya menggeser tembok, mengubah atap atau membuat lantai tingkat. Pekerjaan struktur menghabiskan biaya yang sudah pasti dan nilainya lumayan besar karena melibatkan besi.

3. Biaya Pekerjaan Finishing

Pekerjaan finishing untuk renovasi pasti terjadi. Finishing biayanya tergantung dari material dan teknik finishing yang digunakan. Pekerjaan finishing bisa saja murah apabila memilih finishing yang sederhana. Namun pekerjaan finishing bisa menjadi mahal sekali apabila memilih material yang berkelas. Misalnya lantai menggunakan marmer dan tembok yang dilapisi batu alam.

4. Biaya Pekerjaan MEP

Pekerjaan MEP merupakan salah satu pekerjaan yang juga sangat penting. Renovasi wajib melibatkan perbaikan pada MEP. MEP adalah singkatan dari Mekanikal (Sistem Mekanis), Elektrikal (Kelistrikan), Plumbing (Pemipaan). Rumah yang bagus apabila tidak didukung dengan lampu yang terang, air yang lancar dan sistem kelistrikan yang baik tidak akan bisa beroperasi optimal. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan konsultan MEP agar instalasi MEP aman dan tidak menyebabkan kebakaran.

5. Biaya Pekerjaan Furniture

Furniture juga merupakan item pekerjaan yang akan banyak menguras biaya, furniture harganya bervariasi dan berkelas-kelas, jadi pilih furniture yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Gunakan furniture lama bila memungkinkan, cukup dengan finishing ulang sehingga biayanya bisa ditekan.

Demikianlah cara menyususun komponen Biaya Renovasi Rumah, semoga bisa bermanfaat bagi pembaca sekalian. Silahkan berikan komentar apabila ada hal yang kurang jelas.



Silahkan tuliskan komentar, Jika ingin berdiskusi lebih lanjut silahkan email ke parsikaproject@gmail.com
EmoticonEmoticon

 

Ketikan dan tekan Enter