Merawat Karpet Berbulu dan Karpet Permadani di Rumah - Arsitur Media Desain

Merawat Karpet Berbulu dan Karpet Permadani di Rumah

- 10/02/2018


Merawat Karpet Berbulu dan Karpet Permadani di Rumah
Merawat Karpet Berbulu dan Karpet Permadani di Rumah

Karpet permadani merupakan jenis karpet berbulu yang berbeda dengan karpet lainnya. Karpet jenis ini memiliki keunggulan yaitu permukaan nya yang lembut saat diinjak dengan kaki telanjang. Karpet jenis ini sangat cocok diletakkan dalam ruangan namun tidak cocok diletakkan di luar ruangan.

Karpet permadani juga dapat memberikan kesan mewah pada ruangan. Karpet permadani cocok diletakkan untuk ruang keluarga maupun ruang tidur. Fungsinya adalah sebagai alas kaki sehingga saat menginjak lantai kaki tidak terlalu merasa dingin. Disamping itu Kakak juga dapat menjadi elemen dekorasi yang mempercantik ruangan.

Sayangnya karpet jenis ini sangat rentan kotor dan rusak. Permukaan yang berbulu menyebabkan karpet ini lebih cepat menyerap kotoran dan debu. Karpet sejatinya juga perlu dicuci dalam kurun waktu tertentu. Namun ada beberapa karpet yang dibuat dengan bahan pilihan yang cukup rentan jika dicuci dengan air. Karena itu kita harus berhati-hati dalam merawat karpet ini. Berikut ini saya sajikan tips merawat karpet permadani dan karpet berbulu.




Mengibaskan karpet

Cara ini merupakan cara paling sederhana untuk membersihkan karpet.  dapat digunakan terutama untuk karpet yang berukuran kecil. Caranya dengan sangat mudah yaitu dengan mengibaskan karpet dalam arah vertikal berkali-kali. cara ini dapat dilakukan kapan pun kita merasa karpet sudah kotor. Pastikan menggunakan masker penutup hidung agar debu tidak masuk dalam pernapasan anda.

Membersihkan dengan vacuum cleaner

Untuk perawatan karpet sehari-hari dapat dilakukan dengan sangat sederhana itu dengan membersihkannya menggunakan vacuum cleaner. Dengan vakum kliner maka proses membersihkan kotoran pada karpet akan jauh lebih mudah. Selain itu vacuum cleaner juga tidak merusak permukaan karpet berbulu. Gunakan saringan agar bulu karpet tidak ikut di tersedot ke vacuum cleaner.

Membersihkan dengan menggunakan sikat

Untuk jenis karpet berbulu yang memiliki kekuatan cukup tinggi maka bisa dibersihkan dengan sikat. Pilihlah sikat yang bulunya halus sehingga tidak merusak permukaan karpet. Sikat karpet secara perlahan dengan gerakan satu arah. Lebih baik mulai dari bagian tengah kemudian digosok menuju ke pinggir karpet sehingga debu dan kotoran pada karpet bisa dibuang keluar.

Membersihkan dengan bubuk pembersih khusus

Untuk membantu mengangkat kotoran dan debu yang ada pada karpet dapat menggunakan bubuk pembersih khusus. Taburkan bubuk ini secara merata di atas permukaan karpet. Tunggu beberapa menit kemudian bersihkan dengan penyedot debu atau dikibaskan.

Menjemur karpet di bawah terik matahari

Karpet pada dasarnya dibuat dari bahan kain. Maka seperti halnya dengan kasur karpet dapat dijemur di bawah terik matahari agar tidak lembab dan berjamur. Setelah dijemur dalam beberapa jam biasanya karpet dipukul-pukul menggunakan sapu lidi atau kemoceng. Hal ini bertujuan agar debu debu yang telah kering bisa lepas dari bulu karpet.

Mencuci karpet dengan air

Cara ini merupakan pilihan terakhir jika karpet benar-benar kotor dan penuh noda. Mencuci karpet dapat dilakukan sendiri namun harus berhati-hati dengan bahan yang mudah rusak. Mencuci juga dapat diserahkan kepada laundry karpet yang saat ini sudah banyak bermunculan di beberapa kota di Indonesia.

Demikianlah cara merawat dan membersihkan karpet berbulu di rumah anda. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda tentang perawatan rumah.

Sumber gambar : mrsteamcarpetcare.com



Silahkan tuliskan komentar, Jika ingin berdiskusi lebih lanjut silahkan email ke parsikaproject@gmail.com
EmoticonEmoticon

 

Ketikan dan tekan Enter