Skip to main content

Tips Membeli Rumah Bekas

Membeli rumah bekas bisa menjadi pilihan untuk memiliki rumah dengan harga yang lebih terjangkau. Membeli rumah bekas memberikan keuntungan dan kerugian tersendiri bagi sang pembeli. Salah satu hal yang bisa diincar saat membeli rumah bekas adalah lokasinya yang strategis. Meskipun demikian kualitas bangunannya pun juga tidak boleh diabaikan.

Tips Membeli Rumah Bekas

Membeli rumah bekas tidak boleh sembarangan. Ada banyak hal yang harus kita pertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli suatu rumah bekas. Apalagi jika rumah tersebut ingin langsung digunakan untuk tempat tinggal terutama bagi keluarga baru. Berikut ini tips-tips dalam membeli rumah bekas.

Lokasi rumah

Tips Membeli Rumah Bekas
Tips Membeli Rumah Bekas

Membeli rumah baru ataupun bekas sejatinya yang paling penting adalah lokasi rumah tersebut. Pilih rumah yang lokasinya sedekat mungkin dengan tempat anda bekerja atau beraktifitas. Pertimbangkan juga ketersediaan fasilitas umum seperti sekolah tempat ibadah fasilitas kesehatan dan lain-lain sebagainya. Anda akan membutuhkannya sewaktu-waktu apalagi jika anda sudah berkeluarga.

Ketersediaan jalan

Ketersediaan jalan bisa menjadi prioritas nomor 2 dalam membeli rumah bekas. Ketersediaan jalan harus disesuaikan dengan kebutuhan kita dalam menggunakan kendaraan. Bagi yang terbiasa beraktivitas dengan mobil hendaknya terdapat access mobil ke rumah anda.

Baca juga :  Keuntungan dan Kerugian Membeli Rumah dengan KPR
 

Kondisi fisik rumah

Hal yang sangat perlu diperhatikan saat membeli rumah bekas adalah kondisi fisik rumah tersebut. Ada rumah yang siap pakai rumah dengan kerusakan ringan atau rumah dengan kerusakan berat. Semuanya akan dikembalikan kepada anda sebagai calon pembeli. Apabila menginginkan rumah yang siap pakai maka pilihlah rumah yang dalam kondisi bagus.

Jika rumah tersebut dibeli untuk kepentingan investasi, rumah dengan kerusakan ringan  dapat  dijadikan alternatif. Akan tetapi jika hanya mengincar lokasi strategis dari rumah tersebut bakar rumah dalam kondisi yang kurang baik pun masih dapat menjadi pilihan.

Fasilitas rumah

Tips Membeli Rumah Bekas
Tips Membeli Rumah Bekas

Selanjutnya setelah mengetahui kondisi fisik rumah tersebut pastikan juga fasilitas utama tersedia dengan baik. Terutama listrik, air dan telepon. Pertimbangan lain yaitu ketersediaan saluran pembuangan kota. Namun masih ada yang cukup penting untuk diperhatikan yaitu ketersediaan sinyal di lokasi rumah tersebut.

Baca juga : 20+ Inspirasi Rumah Minimalis 1 Lantai dengan Atap Pelana Menyamping
 

Lingkungan sekitar

Satu hal yang sangat penting dalam memilih tempat hunian adalah mengenai lingkungan sekitar. Perhatian kita yang utama adalah pada masalah banjir. Gali informasi mengenai banjir di wilayah tersebut, tanyakan kepada tetangga atau kepala lingkungan yang bertanggung jawab di wilayah tersebut.

Selain itu perlu juga mengetahui lingkungan psikis orang-orang atau karakteristik tetangga dalam kawasan rumah tersebut. Banyak orang berinvestasi lebih untuk mendapatkan rumah yang memiliki tingkat keamanan yang lebih baik.

Harga rumah

Dengan mengetahui lokasi dan kondisi sebuah rumah maka kita dapat mempertimbangkan seberapa banyak harga yang pantas kita bayarkan untuk mendapatkan rumah tersebut. Jika masih belum yakin terhadap harga yang ditawarkan oleh penjual kita bisa membandingkan dengan harga rumah tetangga di lokasi tersebut. Atau cek harga rumah sejenis di pasaran.

Jika rumah bekas dibeli untuk ditempati nakal perlu menyiapkan dana tambahan. Meskipun kondisi rumah cukup bagus dan layak huni namun perlu disediakan dana setidaknya 10% dari harga rumah untuk renovasi dan penyesuaian terhadap kebutuhan. Misalnya membuat atap kanopi untuk garasi mobil memasang teralis pada jendela atau mengganti lampu pada ruangan.

Baca juga : Nilai Jual Rumah : Faktor yang Mempengaruhi

Legalitas rumah

Tips Membeli Rumah Bekas
Tips Membeli Rumah Bekas

Membeli rumah bekas harus dipertimbangkan apakah pembangunan rumah tersebut sudah sesuai dengan peraturan tata ruang yang berlaku di lokasi itu. Pastikan juga bangunan yang anda beli setidaknya memiliki imb sebagai bukti keabsahan pembangunan di lokasi itu.

Jangan sampai membeli rumah yang ternyata dibangun di area yang diperuntukkan untuk fasilitas umum jalur hijau atau tanah tersebut masih dalam sengketa. Risiko terburuknya suatu hari rumah anda bisa digusur.

Tanyakan hal ini kepada pemilik rumah namun apabila ragu langsung tanyakan kepada pihak berwenang terutama bappeda. Atau cek website resmi pemerintah.

Kelengkapan dokumen rumah

Meskipun sudah yakin dengan lokasi kondisi maupun harga yang ditawarkan namun hal yang sangat penting dalam transaksi adalah kelengkapan dokumen. Apalagi membeli rumah bekas yang harganya relatif mahal.

Jadi pastikan semua dokumen rumah yang diberikan oleh penjual sudah lengkap dan jelas. Berhati-hatilah terhadap dokumen palsu yang mungkin digunakan untuk mempermudah penjualan rumah tersebut.

Itulah beberapa tips yang bisa diikuti saat memilih untuk membeli rumah bekas. Semoga dengan membaca artikel ini pembaca menjadi lebih bijak dalam membeli rumah bekas. Ikuti terus website ini untuk mendapatkan tips-tips terbaru mengenai rumah.
Salam dari Arsitur : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. ARSITUR berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke arsiturstudio@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar