Skip to main content

Jenis-Jenis Batu Alam Yang Populer Di Indonesia

Jenis batu alam yang populer di Indonesia digunakan sebagai bahan finishing bangunan karena tempilannya yang menarik dan mewah. Ada banyak jenis-jenis batu alam yang digunakan oleh masyarakat dan menjadi begitu populer penggunaannya karena mengikuti trend.

Batu alam merupakan material yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Penggunaan material ini sangat digemari karena keindahan tekstur dan kesan alami yang ditimbulkan. Batu alam digunakan untuk berbagai bagian dalam bangunan. Seperti penutup lantai pelapis dinding untuk outdoor dan lain sebagainya.

Batu Alam yang disukai Masyarakat Indonesia

Ada banyak jenis batu alam yang bisa digunakan untuk bahan bangunan. Di Indonesia sendiri ada beberapa jenis batu alam yang sangat populer. Berikut adalah batu alam yang populer di Indonesia beserta karakteristiknya.

Paras Jogja

Paras Jogja
Paras Jogja

Siapa yang tidak mengenal batu alam paras Jogja ? jenis batu alam ini merupakan salah satu jenis batuan Cadas atau batu kapur yang memiliki warna cerah. Warna favorit yang di sukai adalah warna putih. Namun ada juga batu alam yang memiliki warna doreng mirip dengan batu Palimanan. Paras Jogja dapat digunakan di dalam maupun di luar ruangan. Sejatinya paras Jogja sifatnya seperti paras yang lunak. Apabila digunakan di luar ruangan maka akan sangat mudah berlumut sehingga dibutuhkan perawatan maksimal.

Batu Palimanan

Sesuai dengan namanya batu Palimanan merupakan jenis batu alam yang berasal dari daerah Palimanan dan daerah bobos di Cirebon Jawa Barat. Warnanya yang unik agak keemasan dengan corak mirip serat kayu menjadikan batu ini sangat disukai banyak orang.  Namun mendapatkan batu Palimanan dengan corak keemasan atau gold palimo sekarang cukup sulit dan langka. Lebih banyak tersedia batu Palimanan bobos yang memiliki warna agak putih dengan sedikit serat.

Batu Andesit

Batu andesit juga termasuk salah satu jenis batu alam yang sangat digemari di Indonesia. Biasanya digunakan untuk lantai rumah penutup dinding dan elemen dekorasi pada Fasad bangunan. Warna batu ini biasanya berkisar  antara abu-abu hingga hitam. Batu andesit dapat memberikan kesan natural dan sejuk pada ruangan.

Batu Candi

Batu candi merupakan jenis batu alam yang berasal dari lafal letusan gunung berapi. Batu candi banyak ditemukan di daerah daerah lereng gunung di berbagai kepulauan di Indonesia. Daerah penghasil batu Candi yang terkenal adalah Jawa Tengah. Waktu Candi memiliki warna yang gelap dan karakteristiknya yang keras. Batunya juga tidak terlalu berserat. Batu Candi cocok diterapkan untuk lantai rumah dan pelapis dinding.

Paras Kerobokan

Sesuai dengan namanya paras Kerobokan merupakan jenis batu alam yang ditemukan di daerah Kerobokan Badung Bali. Paras Kerobokan memiliki warna coklat keemasan yang unik dengan serat batu yang kental di dalamnya. Paras Kerobokan cocok digunakan untuk bangunan Resort yang memiliki kesan natural yang tinggi. Paras Kerobokan saat ini cukup langka dan harganya juga relatif mahal.

Itulah beberapa batu alam yang sangat populer Indonesia. Saya pun masih mencari jenis-jenis batu dari daerah lain di Indonesia yang mungkin berpotensi untuk digunakan menjadi material finishing dengan corak yang unik. Silakan tambahkan di kolom komentar jika ada pendapat lain.
Salam dari Arsitur : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. ARSITUR berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke arsiturstudio@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar