Skip to main content

Cara Mempercantik Lantai Kayu

Lantai kayu, merupakan bahan penutup lantai yang cukup populer hingga hari ini. Selain tesktur dan seratnya yang cantik dan natural, lantai kayu ternyata dapat memberikan kesan hangat pada ruangan. Penggunaan lantai kayu pada rumah memberi nilai tambah tersendiri.

Cara mempercantik lantai kayu yang di pasang di ruangan dapat dilakukan dengan beberapa cara. Misalnya Mengecat lantai kayu dengan Warna Putih, Mengecat kayu dengan Pernis Glossy, Memadukan Lantai Kayu dengan Linen, Memadukan Lantai Kayu dengan Keramik atau Memadukan Lantai Kayu dengan Batu.

Cara Mempercantik Lantai Kayu

Dalam artikel ini akan diberikan sedikit tips dan cara untuk mempercantik lantai kayu yang di pasang di ruangan. Bagaimana caranya ? simak selengkapnya tips-tips berikut ini hingga poin terakhir.

Mengecat Lantai Kayu dengan Warna Putih

kayu putih by reversemortgageworks
kayu putih by reversemortgageworks

Cara Mempercantik Lantai Kayu yang pertama adalah dengan memberikan warna putih sehingga akan sedikit menghilangkan kesan hangat yang ditimbulkannya. Jadi cocok diaplikasikan apabila menginginkan ruangan dengan kesan yang lebih sejuk. Warna putih juga bisa memberikan kesan minimalis pada ruangan.

Baca juga :  5 Material Penutup Lantai yang Populer di Indonesia

Selain itu, penggunaan warna cerah terutama putih dalam ruangan akan memberikan kesan menambah luas ruangan. Jika menggunakan warna putih, lebih baik menggunakan tekstur dop atau matte. Dengan demikian kesannya tidak terlalu licin atau glossy yang justru membuat ruangan terasa dingin.

Mengecat Lantai Kayu dengan Pernis Glossy

kayu glossy by parket-petrina.hr
kayu glossy by parket-petrina.hr

Cara Mempercantik Lantai Kayu yang kedua adalah Mengecat Lantai Kayu dengan Pernis Glossy. Beberapa orang menyukai serat kayu yang natural namun tidak menginginkan permukaan bertekstur karena dinilai terkesan kurang bersih. Dalam kasus ini, pilihan terbaik yang bisa diambil adalah menggunakan finishing glossy.

Caranya yaitu permukaan kayu harus diamplas halus sehingga meminimalisasi tonjolan tekstur yang tidak rata. Lalu permukaan ini difinishing natural dengan menggunakan pernis glossy. Hasilnya adalah permukaan kayu yang mengkilat dan bersih namun masih memiliki serat yang jelas. Namun perlu dicatat bahwa tidak semua jenis kayu menampilkan serat apabila diamplas halus.

Memadukan Lantai Kayu dengan linen

kayu dan linen by interior-dsgn.com
kayu dan linen by interior-dsgn.com

Cara Mempercantik Lantai Kayu berikutnya adalah dengan menambahkan linen. Lantai kayu juga bisa dipadukan dengan bahan seperti karpet. Lantai kayu memang memberikan kesan hangat dalam ruangan. Namun bila finishingnya menggunakan glossy, itu akan mengurangi kesan hangat yang mampu ditimbulkannya.

Oleh karena itu, penggunaan karpet di atas lantai kayu akan memberikan kesan hangat tambahan. Warna karpet yang cocok dipasangkan dengan warna kayu natural misalnya merah maroon, biru tua, cokelat, hijau muda atau tentukan sesuai selera.

Memadukan Lantai Kayu dengan Keramik

kayu dan keramik by Suncook Carpentry
kayu dan keramik by Suncook Carpentry

Cara Mempercantik Lantai Kayu selanjutnya adalah memadukannya dengan keramik. Material kayu biasanya memberikan kesan natural, pedesaan dan klasik. Sementara kramik lebih cenderung pada kesan modern, industrial dan futuristik.

Baca juga : Mengenal Plywood Sebagai Bahan Bangunan dan Harganya

Nah bagaimana jika kedua material ini dipadukan ? hasilnya adalah gaya kontemporer yang ternyata memberi kesan baru dalam ruangan. Alternatif ini bisa dicoba dengan menggunakan keramik bermotif.

Memadukan Lantai Kayu dengan Batu

kayu coral by AVSO.ORG
kayu coral by AVSO.ORG

Cara Mempercantik Lantai Kayu yang terakhir adalah dengan memadukan lantai kayu dengan batu. Salah satu alternatif lain yang bisa dicoba adalah dengan memadukannya dengan material batu batuan. Baik batu yang berbentuk tile atau batu koral. Kombinasi seperti ini cocok untuk ruangan basah seperti kolam renang atau kamar mandi.

Hasilnya adalah kesan resort yang natural. Lantai kayu untuk ruangan yang basah dan lembab sebaiknya dipilih dari kayu yang kuat dan dengan finishing yang anti air.

Demikianlah mengenai Tips dan Cara Mempercantik Lantai Kayu untuk hunian atau tempat tinggal. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan bagi pembaca.
Salam dari Arsitur : Terima kasih sudah berkunjung ke ARSITUR. Kami berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update. Kami juga melayani JASA GAMBAR DAN DESAIN MURAH BERKUALITAS. Bantu kami mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini kepada teman-teman lainnya. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke arsiturstudio@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar