Skip to main content

Arsitektur Straight Revivalism: Pengertian, Sejarah, Tokoh dan Contohnya

Aliran Straight Revivalism merupakan salah satu turunan dari aliran postmodern yang berkembang mulai abad 19an. Dalam hubungannya dengan gaya bangunan, berkembang gaya arsitektur straight revivalism. Berikut ini akan dibahas mengenai pengertian arsitektur straight revivalism, sejarah arsitektur straight revivalism, ciri-ciri dan karakteristik arsitektur straight revivalism, tokoh arsitektur straight revivalism dan contoh bangunan yang bergaya arsitektur straight revivalism.

Pengertian Arsitektur Straight Revivalism

Arsitektur Straight Revivalism adalah aliran arsitektur postmodern yang berusaha mengembalikan ingatan masa lalu (kebangkitan) dengan menampilkan sejarah untuk menimbulkan bahasa bentuk dan penggunaan simbol-simbol murni sehingga membangun cita rasa keindahan baru. Aliran straight revivalism juga menyangkal paham arsitektur modern, karena melihat bangunan lebih relatif dengan aspek makna, filosofis, sejarah, regional, serta memberikan penghargaan yang lebih pada lingkungan sekitar.

Arsitektur Straight Revivalism memiliki ciri-ciri yang hampir sama dengan aliran arsitektur historicism. Bedanya, arsitektur straight revivalism tidak hanya mengambil bentuk utuh dari elemen-elemen bangunan masa lalu seperti yang dilakukan pada aliran historicism. Dalam arsitektur straight revivalism ingin membangkitkan kembali spirit dan kesan ruang masa lalu. Sesuatu yang dibangkitkan kembali tidak hanya sekedar oenament, tetapi juga makna ruang masa lalu. Penggunaan ornament dalam arsitektur straight revivalism lebih sedikit dari historism.

Sejarah Arsitektur Straight Revivalism

Arsitektur Straight Revivalism berkembang pada abad 19an. Didasari dengan keinginan untuk membangkitkan kembali kesan ruang masa lampau. Hal ini juga dipengaruhi oleh kejenuhan terhadap arsitektur modern. Arsitektur masa lalu seperti Klasik dan Ghotic dianggap memiliki keistimewaan tersendiri. Oleh karena itu arsitektur straight revivalism sering disamakan dengan arsitektur neo klasik.

Tokoh Arsitektur Straight Revivalism

Beberapa tokoh arsitektur straight revivalism ada yang merupakan jebolan tokoh arsitektur modern. Kejenuhan terhadap arsitektur modern yang cenderung monoton membuat perkembangan gaya baru. Tokoh-tokoh arsitektur ini ada banyak di berbagi belahan dunia. Namun beberapa diantaranya yang berpengaruh signifikan dalam menghdirkan karya arsitektur straight revivalism diantaranya Mario Botta, Raymond Erith, Aldo Rossi, Monta Mozuna, Hassan Fathy, Quinlan Terry, Francois Spoery, dan Ricardo Bofill.

Ciri-ciri dan Karakteristik Arsitektur Straight Revivalism

Dalam arsitektur straight revivalism ditemukan beberapa ciri khas yang membedakannya dengan gaya arsitektur lainnya. Berikut penjelasan selengkapnya.
  • Desain arsitektural yang memasukkan unsur sejarah arsitekturnya,
  • Tidak menghilangkan langgam yang sudah ada di masyarakat sejak lama seperti Renaissance, Gothic, Roman dan gaya lama lainnya.
  • Penggunaan ornamen dan dekorasi yang lebih sedikit dari liran historism
  • Menampilkan kembali sejarah untuk menimbulkan sesuatu yang baru
  • Kombinasi antara seni dan fungsi dalam bangunan
  • Filosofi berada di atas fungsionalitas, mengurangi kecenderungan fungsional Arsitektur Modern
  • Melihat bangunan lebih kepada aspek makna, sejarah dan regional, misal sejarah bangunan lama dilibatkan dalam desain bangunan baru
  • Merupakan nilai-nilai masyarakat atau gambaran kesopanan dan fungsi yang diaplikasikan sepanjang gaya arsitektur.
  • Berkonsentrasi pada abstraksi bangunan, perancangan dengan ekspresi sistem proporsi dan keyakinan sistem religius.
  • Konsisten dengan gerakan arsitektur modern namun pengertian fungsi bermakna berbeda.
  • Mengacu secara rasional pada sejarah dan tradisi guna memperoleh basis baru dalam perancangan.

Contoh Bangunan Arsitektur Straight Revivalism

Perkembangan arsitektur straight revivalism didominasi di negara-negara barat, karena tokoh-tokoh arsitektur di sana lah yang pertama kali mendefinisikan arsitektur straight revivalism. Berikut adalah contoh karya arsitektur straight revivalism yang menjadi bukti perkembangan aliran arsitektur ini.

Moscow State University

Moscow State University (img: mastersprogram.politiq.ru)
Moscow State University (img: mastersprogram.politiq.ru)

Kingswalden Bury Hertfordshire

 Kingswalden Bury Hertfordshire (img: www.stpaulswaldenbury.co.uk)
Kingswalden Bury Hertfordshire (img: www.stpaulswaldenbury.co.uk)

New Gourna Village Mosque

New Gourna Village Mosque (img : flickr.com)
New Gourna Village Mosque (img : flickr.com)

Demikianlah mengenai arsitektur straight revivalism. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi pembaca.
Salam dari Arsitur : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. ARSITUR berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke arsiturstudio@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar