Pengertian Bentuk Bangunan Menurut Ahli dan Ciri Visualnya - Arsitur.Com

Pengertian Bentuk Bangunan Menurut Ahli dan Ciri Visualnya

- 5/04/2018


Pengertian bentuk secara umum merupakan wujud nyata suatu benda yang dapat kita lihat melalui batasan-batasan ukurannya. Artikel berikut ini akan membahas mengenai pengertian bentuk bangunan dalam arsitektur.

Pengertian Bentuk

Dalam arsitektur, bentuk adalah hal yang cukup penting. Bentuk merupakan output atau keluaran akhir yang bisa dilihat oleh pengguna bangunan, berikut adalah definisi bentuk menurut beberapa ahli :
  • Menurut Vitruvius, tidak ada istilah bentuk. bentuk, bagi Vitruvius, bila mau dikaitkan dengan fungsi/utilitas tentunya merupakan gabungan antara firmistas (technic) dengan venustas (beauty/delight)(Saliya, 1999).
  • Obyek-obyek dalam persepsi kita memiliki wujud/ujud (shape) (Abecrombie, 1984;37)
  • Wujud/ujud merupakan hasil konfigurasi tertentu dari permukaan-permukaan dan sisi-sisi bentuk (Ching, 1979;50)

Ciri-Ciri Visual Bentuk

Ciri-ciri pokok yang menunjukan bentuk, dimana ciri-ciri tersebut pada kenyataannya dipengaruhi oleh keadaan bagaimana cara kita memandangnya. Juga merupakan sarana pokok yang memungkinkan kita mengenal dan melihat serta meninjau latar belakang, persepsi kita terhadap satu dan yang lain, sangat tergantung dari derajat ketajaman visual dalam arsitektur.

Bentuk dapat dikenali karena ia memiliki ciri-ciri visual, yaitu (Ching, 1979) :
  1. Wujud : adalah hasil konfigurasi tertentu dari permukaan-permukaan dan sisi-sisi bentuk.
  2. Dimensi : dimensi suatu bentuk adalah panjang, lebar dan tinggi. Dimensi-dimensi ini menentukan proporsinya. Adapun skalanya ditentukan oleh perbandingan ukuran relatifnya terhadap bentuk-bentuk lain disekelilingnya.
  3. Warna : adalah corak, intensitas dan nada pada permukaan suatu bentuk. Warna juga merupakan atribut yang paling mencolok yang membedakan suatu bentuk terhadap lingkungannya. Warna juga mempengaruhi bobot visual suatu bentuk.
  4. Tekstur : adalah karakter permukaan suatu bentuk. Tekstur mempengaruhi perasaan kita pada waktu menyentuh, juga pada saat kualitas pemnatulan cahaya menimpa permukaan bentuk tersebut.
  5. Posisi : adalah letak relatif suatu bentuk terhadap suatu lingkungan atau medan visual.
  6. Orientasi : adalah posisi relatif suatu bentuk terhadap bidang dasar, arah mata angin atau terhadap pandangan seseorang yang melihatnya.

Macam – macam Bentuk Dasar Bangunan

Jika dicari dari bentuk dasar geometri 2D (Dua Dimensi), maka berikut adalah bentuk-bentuk dasar bangunan yang sering kita jumpai :

Lingkaran

Lingkaran merupakan sebuah bidang yang melengkung di setiap titik yang memiliki jarak yang sama dari sebuah titik pusat di dalam kurva tersebut.


Tietgen Dormitory di Orested, Copenhagen


Lingkaran merupakan sebuah figur yang memusat, introvert, yang normalnya adalah stabil dan memiliki titik tengah sendiri di dalam lingkungannya. Lingkaran yang diletakkan di tengah-tengah sebuah bidang akan menguatkan sifat kepusatannya.

Segitiga

Sebuah figur bidang yang ditutup oleh tiga sisi dan memiliki tiga buah sudut. Segitiga menekankan stabilitas. Jika diletakkan pada salah satu sisinya, segitiga merupakan sebuah figur yang luar biasa stabil.


Louvre museum, Paris.
Louvre museum, Paris


Namun, jika dijungkit dan berdiri di salah satu titik sudutnya, kemungkinan ia akan seimbang dalam kondisi kelabilan maksimum atau cenderung jatuh ke salah satu sisinya.

Bujursangkar

Sebuah figur bidang yang memiliki empat sisi yang sama panjangnya dan empat buah sudut tegak lurus. Bujursangkar melambangkan si murni dan si rasional.


Tamansari Panoramic Tower Bandung
Tamansari Panoramic Tower Bandung


Sama halnya dengan segitiga, bujursangkar stabil jika diletakkan pada salah satu sisinya dan menjadi dinamis ketika berdiri di atas salah satu sudutnya.


Tidak Teratur/Bentuk Bebas

Bidang yang dibuat dengan bebas, biasanya merupakan kombinasi bentuk-bentuk dasar, dan kurva. Bangunan yang dibuat dengan bentuk bebas lebih sulit dilaksanakan, memerlukan perhitungan yang khusus dari ahli konstruksi.

Guggenheim Museum Bilbao, Bentuk bangunan bebas
Guggenheim Museum Bilbao, Bentuk bangunan bebas
Demikian mengenai Pengertian bentuk dalam bangunan, semoga bermanfaat.

Silahkan Berdiskusi Via Komentar :
EmoticonEmoticon

 

Ketikan dan tekan enter