Pengertian dan Jenis-jenis Konsep Desain dengan Contohnya - Arsitur Media Desain

Pengertian dan Jenis-jenis Konsep Desain dengan Contohnya

- 4/29/2018


Definisi Konsep

Konsep merupakan gagasan yang memadukan berbagai unsur ke dalam suatu kesatuan. Suatu konsep mengemukakan suatu cara khusus bahwa syarat-syarat suatu rencana, konteks, dan keyakinan dapat digabungkan bersama.

Suatu konsep harus mengandung kelayakan, ia menunjang maksud-maksud dan cita-cita pokok suatu proyek dan memperhatikan karakteristik-karakteristik dan keterbatasan-keterbatasan yang khas dari setiap proyek.

Dalam proses perancangan konsep ini posisinya berada pada proses sintesa. Yang dimana berarti sifat dan fungsi dari konsep itu sendiri dapat terlihat dari bentuk bangunannya serta desainnya.

Definisi Konsep Desain

Desain merupakan proses untuk menciptakan atau membuat obyek baru. Desain dapat berarti juga sebagai hasil akhir dari proses kreatif yang sudah melalui beberapa tahap, baik itu berwujud sebuah gambar maupun obyek nyata.

Konsep desain dalam dunia arsitektur ini dapat diwujudkan baik dari segi desain eksterior maupun desain interior dari bangunan tersebut. Konsep desain lahir sebagai jawaban atas deskripsi, fungsi, dan tujuan dari sebuah bangunan arsitektur.

Dari konsep desain ini akan melahirkan lagi sebuah desain nyata yang diliputi oleh prinsip-prinsip desain dalam arsitektur yaitu, keseimbangan, irama, vocal point, skala, proporsi, urut-urutan, dan unity atau kesatuan.

Jenis-jenis Konsep Desain

Berikut ini merupakan jenis-jenis konsep desain yang digunakan dalam dunia arsitektur :

a. Pragmatic Design

Pragmatic Design merupakan desain yang didasarkan pada penggunaan bahan bangunan dan dilakukan dengan cara coba-coba (trial and error), sampai tercipta suatu bentuk bangunan yang sesuai dengan tujuan perancang.


Cultural Center Swallow’s Nest, Taiwan karya Vincent Cellebaut
Cultural Center Swallow’s Nest, Taiwan karya Vincent Cellebaut


b.    Iconic Design

Iconic design merupakan desain yang menggunakan bentuk-bentuk yang secara historis telah dicoba dan diterima oleh masyarakat tradisional.

Jenis dan konstruksi bangunan merupakan repetisi dan modifikasi dari bangunan-bangunan yang mengandung unsur-unsur simbol, tradisi dan mitos kebudayaan tertentu.

Phinisi Tower, Makassar karya Yu Sing
Phinisi Tower, Makassar karya Yu Sing


c.    Analogical Design

Analogical Design merupakan desain yang didasarkan atas analogi tertentu. Analogi yang digunakan bisa menggunakan hal-hal dalam arsitektur atau diluar arsitektur misalnya saja bentuk-bentuk alam.

Sydney Opera House, Australia karya Jorn Utzon
Sydney Opera House, Australia karya Jorn Utzon


d.    Canonic Design

Canonic design merupakan desain yang menggunakan sumbu-sumbu grid yang membentuk suatu modul desain dan konstruksi. Setelah bentuk dan ukuran ruang tercipta baru kemudian menggunakan sistem proporsi yang diinginkan.


Bahai Temple, New Delhi, India karya Fariborz Sahba
Bahai Temple, New Delhi, India karya Fariborz Sahba

Demikianlah mengenai pengertian konsep desain, jenis-jenis dan contohnya, semoga bermanfaat.

Silahkan Berdiskusi Via Komentar :
EmoticonEmoticon

 

Ketikan dan tekan enter