Kekuatan Warna Hitam dalam Desain - Arsitur Media Desain

Kekuatan Warna Hitam dalam Desain

- 3/07/2018


Warna merupakan elemen penting dalam desain. Baik eksterior maupun interior sama pentingnya. Oleh karena itu, pemilihan dan penggunaan warna terkadang menjadi hal yang rumit.

Salah satu warna yang sering digunakan adalah warna hitam. Warna hitam bisa kita dapatkan secara alami dari penggunaan batu-batuan dan kayu. Namun bisa juga menggunakan cat buatan.

Kekuatan Warna Hitam dalam Desain
Kekuatan Warna Hitam dalam Desain


Menggunakan warna hitam dalam desain memberikan suatu kesan yang menonjol, keras, tegas, solid dan masif. Namun penggunaan warna hitam yang kurang tepat justru membuat desain menjadi berat dan gelap.

Berikut adalah kekuatan warna hitam dalam desain yang harus diperhatikan penggunaannya.

1. Menonjolkan Objek

Objek yang berwarna hitam di dalam ruangan akan menjadi sesuatu yang menonjol dibandingkan benda lainnya, apalagi nada ruangan adalah terang.

Sementara untuk benda terang yang diberi background gelap juga akan membentuk kontras yang akan menonjolkan objek tersebut. Jadi warna hitam dapat digunakan sebagai pembentuk focal point.

2. Permainan Cahaya

Benda terang yang terkena cahaya seringkali membuat orang silau melihatnya, apalagi menggunakan bahan yang mengkilap seperti tile atau marmer.

Coba gunakan warna marmer hitam di beberapa tempat privat seperti kamar mandi, pastinya membuat ruangan menjadi intim dan elegan untuk dinikmati.

3. Dominasi Ruang

Warna hitam memiliki sifat yang keras, tegas, solid dan masif. Ruang yang berwarna hitam akan mendominasi ruang lainnya jika suasananya terang.

4. Kesan Hangat

Warna hitam identik dengan kesan keras dan masif, namun penempatan warna hitam di dalam ruangan yang luas bisa menambah kesan hangat dan mengurangi kesan kosong.

Selain itu warna hitam juga terkenal karena menyerap cayaha, jadi cocok juga diaplikasikan di kamar mandi atau kamar tidur yang membutuhkan kehangatan.

5. Mengubah Perspektif Ruang

Biasanya ruangan yang berwarna hitam akan menampilkan kesan sempit dan sumpek, namun desain yang benar bisa memberikan kesan ruangan yang elegan dan mewah.

Warna Hitam Mengubah Perspektif Ruang
Warna Hitam Mengubah Perspektif Ruang


6. Memperindah Ekspos

Warna terang pada ceiling yang tidak rapi sering menjadi pemandangan yang buruk terutama jika lampu menyala. Gunakan warna hitam untuk ceiling ekspos sehingga menyembunyikan struktur yang terekspos.

7. Memperkecil Struktur

Warna gelap membuat objek terlihat semakin kecil terutama saat cahaya kurang, jadi warna ini cocok diaplikasikan pada bagian struktur seperti kolom dan balok yang besar.

Kolom yang berwarna hitam akan terkesan lebih kecil jika dibandingkan kolom yang berwarna putih di dalam ruangan. Begitu juga dengan balok melintang di atas kita.

8. Kamuflase dengan Furniture

Perangkat elektronik, colokan maupun perangkat keras seperti engsel/handle seringkali memiliki desain yang kurang cocok dengan ruangan dan kadang mengganggu.

Perangkat elektronik sering memiliki warna hitam, jadi untuk desain yang berkonsep simple, bisa gunakan warna hitam untuk menyamarkan lekukan bentuk perangkat yang kurang sesuai.

9. Perpaduan dengan Kain

Warna hitam bagus dijadikan warna latar belakang kain. Dalam interior, warna kain akan lebih muncul jika latar belakangnya adalah warna hitam.

Warna Hitam dan Kain
Warna Hitam dan Kain


10. Membentuk dan Menghilangkan Batas

Dalam interior, warna hitam bisa membentuk dan mempertegas batas ruangan. Namun jika diletakan di luar ruangan, warna hitam justru menghilangkan batas ruangan.

Hal ini terjadi karena warna tanah di luar ruangan pada dasarnya adalah warna gelap, sehingga warna hitam tidak akan terlalu muncul disini.

Demikianlah mengenai kekuatan warna hitam dalam desain, semoga bisa membantu Anda dalam mempercantik ruangan Anda. Semoga berkenan dan terima kasih telah berkunjung.

Silahkan Berdiskusi Via Komentar :
EmoticonEmoticon

 

Ketikan dan tekan enter