Faktor Esensial Merancang Ruang Makan - Arsitur Media Desain

Faktor Esensial Merancang Ruang Makan

- 3/04/2018


Ruang Makan Adalah Ruang Esensial

Ruang Makan dalam sebuah rumah adalah ruang yang sangat esensial untuk ditata. Ini karena fungsi ruang makan, tidak hanya untuk tempat mengenyangkan perut, tetapi sebagai pemersatu keluarga.

Ruang Makan adalah ruang yang esensial
Ruang Makan adalah ruang yang esensial


Bayangkan, banyak percakapan yang terjadi saat Anda makan bersama keluarga. Keputusan penting juga seringkali terjadi disini, setidaknya ini juga merupakan ruang diskusi.

Dengan ruang Makan yang terdesain dengan baik diharapkan menjadi tempat yang nyaman untuk makan dan proses diskusi tadi berjalan lebih adem.

Memahami Perencanaan dan Perancangan Ruang Makan

Anda perlu memiliki pemahaman dasar tentang pilihan desain ruang makan yang tersedia di pasaran. Anda perlu berpikir matang untuk memiliki ruang makan baru yang dirancang khusus untuk rumah Anda.

Ukuran ruang makan selalu menjadi hal yang paling penting saat memilih desain yang sesuai untuk ruangan. Jika Anda memiliki ruang makan kecil maka ruangan akan terlihat penuh sesak. Apalagi isinya adalah perabotan berat yang dihiasi tirai berat dan warna gelap di dinding ruangan.

Ruang makan kecil dan kompak
Ruang makan kecil dan kompak


Sedangkan jika Anda memiliki ruang makan yang besar, luas namun memiliki meja makan dan perabotan yang sangat kecil, apalagi dengan dinding berwarna terang dan perabotan yang lebih sedikit di ruangan maka akan benar-benar salah dan merasa kosong.

Untuk desain ruang makan kecil, perlu dilengkapi jendela tambahan dan cermin besar yang dapat menambahkan dimensi yang lebih baru ke ruang makan. Gunakan perabotan yang lebih kecil dan terlihat ringan di ruang ini.

Sementara untuk ruangan besar, satu set perabotan tambahan, hiasan gantung dan berwarna-warni, tanaman tinggi, rak minuman, dan lainnya akan terlihat sempurna untuk mengisi ruangan dan juga meningkatkan penampilan secara umum.

Memilih Gaya Desain

Memilih ruang makan formal atau santai memiliki dampak yang besar pada desain ruang makan. Meja makan yang berat terbuat dari kayu, dipadukan dengan lemari yang terbuat dari porselen halus yang cocok untuk ruang makan formal.

Ruang Makan bergaya Formal
Ruang Makan bergaya Formal


Sebaliknya, meja makan bundar dan kompak terbuat dari kaca, dan juga karpet berwarna-warni yang diletakkan di lantai akan melengkapi tampilan dan nuansa ruang makan yang lebih santai untuk Anda.

Ruang Makan dan Ruang Lainnya

Anda mungkin perlu membuat ruang makan Anda memiliki akses langsung ke ruang tamu, ruang keluarga atau kamar mandi. Hal ini perlu dilakukan jika Anda berencana untuk menghibur dan menyelenggarakan acara di ruang makan Anda sesering mungkin untuk keluarga dan tamu Anda.

Pastikan juga setting area makan juga cukup luas sehingga memudahkan orang untuk berkeliling ruangan dengan bebas. Hal ini mungkin agak sulit dilakukan pada ruangan kecil, sehingga meja bisa dipepet ke tembok untuk menambah area sirkulasi.


Silahkan Berdiskusi Via Komentar :
EmoticonEmoticon

 

Ketikan dan tekan enter