Skip to main content

Tips Merawat Pagar Rumah

Siapa yang tidak suka melihat dinding luar yang cantik dan indah ? Tentunya membuat rumah kita nampak bagus dari dalam maupun dari luar. Pagar luar adalah muka rumah yang menghadap ke publik yang secara tidak langsung menunjukan kualitas rumah didalamnya.

Tips Merawat Pagar Rumah
Tips Merawat Pagar Rumah


Dinding yang terletak diluar ruangan dan langsung terkena hujan serta sinar matahari akan mudah terserang jamur dan lumut. Jamur berupa bintik-bintik hitam, sedangkan lumut hijau merata.

Penyebab tumbuhnya jamur dan lumut ialah karena kelembaban yang tinggi pada tinding. Untuk menghilangkannya dapat digunakan kaporit atau pemutih pakaian dan cairan kimia pembasmi jamur.

Berikut ini cara-cara perawatan dinding pada pagar tembok.

  1. Bersihkan jamur dan lumut yang ada pada dinding dengan cara disikat, setelah itu bilas dengan air bersih.
  2. Oleskan larutan kaporit atau pemutih pakaian dengan air, kemudian biarkan sekitar 1 jam.
  3. Bilas dengan air bersih.
  4. Setelah kering, oleskan cairan pembasmi jamur dan lumut ( fungicidal wash ), setelah dibiarkan sekitar 2-6 jam, bilas dengan air bersih.
  5. Setelah kering, dinding diberi cat dasar sebelum dicat dengan cat yang mengandung anti jamur dan lumut.
  6. Lakukan saat kondisi cerah agar memperoleh hasil yang lebih maksimal. Bila hujan gunakan penutup seperti terpal.

Untuk dinding luar, pilihlah cat yang berbahan dasar lateks, bukan acrylic emulsion, karena lebih tahan terhadap perubahan cuaca, terutama iklim yang lembam, sinar matahari yang terik, dan curah hujan yang tinggi. Cat ini mudah dibersihkan dengan sabun dan tidak menimbulkan bau tertentu.

Jika menggunakan pagar yang terbuat dari bahan metal seperti baja atau besi hollow, maka perawatan cukup dilakukan pengecatan ulang maksimal setiap 5 tahun sekali. Masalah utama pagar metal adalah karat, jadi pastikan tidak ada bagian pagar yang tergenang air agar tidak cepat berkarat. Gunakan cat yang tahan cuaca yang khusus outdoor. Untuk bagian yang sudah berkarat dan rapuh, bisa dilakukan pengelasan.

Demikianlah tips untuk merawat pagar rumah, Selamat Mencoba :)
Salam dari Arsitur : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. ARSITUR berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke arsiturstudio@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar