Skip to main content

Tips Menggunakan Jasa Arsitek

Sebelumnya saya pernah sharing mengenai tahapan menggunakan jasa arsitek, maka sekarang akan saya bagikan tips dalam menggunakan jasa arsitek untuk mendapatkan hasil terbaik dari rumah impian anda. Simak tips berikut ini :

Tips Menggunakan Jasa Arsitek
Tips Menggunakan Jasa Arsitek - pixabay.com


1. Menawar Harga

Terkadang menggunakan jasa arsitek dalam membangun memang bisa jadi cukup mahal bahkan untuk fee desainnya saja. Hal ini tentunya tidak lepas dari kualitas desain, servis maupun kepercayaan yang diberikan selama berjalannya proyek.

Arsitek kawakan bisa saja mematok harga yang lebih tinggi daripada arsitek yang belum terlalu terkenal. Cara yang bisa dilakukan adalah menjadikannya lebih murah adalah menjadi pelanggan atau memberikan kepercayaan untuk beberapa projek maupun sub projek.

Misalnya untuk sebuah desain rumah, jasa desain eksteriornya mungkin harganya lumayan. Namun jika diberikan pekerjaan untuk desain eksterior + interior mungkin tidak akan menjadi 2x lipat, namun hanya 1,5 kali. Jadi akan lebih murah 0,75 kali dari pada merekrut dua desainer sekaligus.

Cara lainnya bisa dilakukan dengan memprioritaskan atau mengunci budget yang kita miliki kepada sang arsitek. Ini bisa menjadi tantangan untuk sang desainer untuk membuat sesuatu yang indah namun tidak mahal. Dengan cara ini seringkali kita mendapatkan rumah yang lebih murah dan lebih baik daripada harus merencanakan sendiri.

Baca juga : Daftar Skill dan Keterampilan Arsitek

2. Memilih Arsitek Bersertifikat

Di Indonesia, lembaga yang menangani profesi arsitek adalah Ikatan Arsitek Indonesia (IAI). Jadi seorang arsitek di Indonesia yang bersertifikat adalah arsitek yang sudah terdaftar di IAI. Ada 3 kelas arsitek yang bisa dipilih yaitu tingkat Mula, Madya dan Utama. Tentunya kualitas dan harganya juga berbeda.

3. Membuat Kontrak

Membuat kontrak dengan sang arsitek juga harus jelas. Apa saja jasa yang ingin digunakan, berapa lama waktu dan besar biayanya harus ditulis jelas dalam kontrak. Ada arsitek yang mungkin menggunakan hitungan biaya per meter persegi, presentasi nilai proyek atau per lama waktu mereka bekerja. Silahkan dipilih paket yang sesuai.

Baca juga : 7 Tahap Desain yang Dilakukan Arsitek untuk Anda

4. Revisi Desain

Arsitek biasanya menyediakan jasa revisi desain secara cuma-cuma untuk beberapa kali. Pastikan saat menerima gambar pertama, baik sketsa ataupun gambar kerja kita harus memberikan masukan dan komentar. Kita juga bisa menanyakan masalah yang mungkin muncul saat gambar sudah dibangun dan lain sebagainya. Jadi, pastikan menggunakan kesempatan revisi ini dengan sebaik mungkin.

5. Site Visit dan Pengawasan

Salah satu keunggulan menggunakan arsitek saat membangun adalah adanya jasa pengawasan langsung oleh sang arsitek di lapangan. Jasa ini tergantung dari kontrak yang disetujui sebelumnya. Site visit akan dilakukan sang arsitek untuk mengecek keadaan lokasi pembangunan maupun saat membangun.

Jika terjadi masalah saat pembangunan, jangan sungkan untuk minta solusi kepada sang desainer. Biasanya arsitek akan memberikan alternatif terbaik yang bisa dilakukan tanpa harus membongkar bangunan.

Demikianlah tips menggunakan jasa arsitek, semoga bermanfaat.

Salam dari Arsitur : Terima kasih sudah berkunjung ke ARSITUR. Kami berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update. Kami juga melayani JASA GAMBAR DAN DESAIN MURAH BERKUALITAS. Bantu kami mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini kepada teman-teman lainnya. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke arsiturstudio@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar