Salah satu solusi untuk memasukkan cahaya alami dalam rumah tinggal selain menggunakan jendela adalah dengan menggunakan skylight. Skylight adalah ventilasi atau bukaan pada atap rumah tinggal yang digunakan untuk meningkatkan intensitas cahaya alami ke dalam ruangan dalam rumah tinggal.

Selain mendapatkan cahaya alami, skylight juga menghadirkan pemandangan langit yang mengagumkan dari dalam rumah tinggal Anda sendiri. Skylight masih jarang ditemui di rumah-rumah tinggal di Indonesia, padahal penggunaan skylight dalam rumah bisa sangat berguna dan merupakan desain yang efektif untuk menekan biaya listrik dalam rumah tinggal.

Solusi Pencahayaan Alami dengan Skylight
Solusi Pencahayaan Alami dengan Skylight


Skylight biasanya berupa jendela kaca yang ditempatkan di langit-langit rumah tinggal. Kacanya bisa dipasang mati atau bisa dibuka untuk ventilasi udara. Jadi selain cahaya alami, skylight dengan kaca yang bisa dibuka tutup membiarkan udara alami mengalir ke dalam ruangan.

Tapi dengan adanya bukaan seperti jendela ini memungkinkan air hujan untuk bisa menembus celah-celah kecil yang ada. Sebaiknya jika Anda berniat membuat skylight berbentuk jendela yang bisa dibuka pastikan ketika ditutup air hujan tidak bisa menembusnya sama sekali.

Penggunaan skylight membuat suasana rumah menjadi lebih alami karena sinar matahari yang masuk menerangi rumah sepanjang hari. Penggunaan skylight juga berguna untuk menghemat listrik di rumah karena Anda tidak perlu lagi menyalakan lampu di siang hari.

Selain berfungsi untuk merangi rumah dan ventilasi, skylight juga bisa digunakan untuk memperindah rumah huni Anda. Penggunaan kaca patri, sandblast, bevel, grafir, atau teralisnya bisa disesuaikan dengan desain interior rumah tinggal Anda.

Penggunaan skylight di rumah tinggal bisa digunakan di ruang keluarga, dapur, kamar mandi, ataupun kamar tidur. Penggunaan skylight dengan jendela terbuka paling pas digunakan pada area dapur.

Skylight bisa menjadi sarana untuk pergantian udara di dapur, asap masakan dapat keluar melalui skylght digantikan dengan udara segar yang masuk. Memasak di dapur menjadi nyaman karena suasana yang terang dan tidak pengap.

Skylight di kamar mandi
Skylight di kamar mandi


Pada kamar mandi, skylight berfungsi untuk mengurangi kelembaban dalam ruangan. Sinar matahari yang masuk bisa mengurangi kelembaban yang ada di kamar mandi dan juga sekaligus menerangi kamar mandi tentunya.

Penggunaan skylight di kamar tidur bisa juga digunakan untuk memberikan pemandangan langit malam yang menakjubkan di atas tempat tidur Anda. Keindahan langit malam yang indah akan mengantar Anda tidur sampai keesokan harinya.