Skip to main content

Memasang Keramik Lantai Sendiri

Memasang keramik lantai ataupun dinding biasanya orang memanggil tukang untuk mengerjakan pemasangan keramik di rumah, namun bagaimana jika kita sendiri yang memasangnya ?, pasti seru, namun apa saja yang harus dilakukan ?, Mari simak langkah- langkahnya berikut ini:

Memasang Keramik Lantai Sendiri
Memasang Keramik Lantai Sendiri


Sebelum memulai, pastikan selalu menggunakan pakaian dan peralatan yang aman. Kenakan kacamata pengaman, sarung tangan kulit tebal, dan pakaian kerja overall, terutama saat membongkar ubin keramik yang lama. Pecahan keramik dan serpihan lain dapat menyebabkan kulit terluka, jika Anda tidak hati-hati.

Peralatan

  • Persiapkan perlatan sebagai berikut jika ingin hasil pemasangan lantai yang optimal :
  • Pita pengukur, tile spacer, pengukur siku, dan bubble level.
  • Palu, pisau plamur (putty knife), dan cetok (lebih baik yang bertakik), dan rubber grout float.
  • Pemotong ubin (yang dapat disewa) dan tang ubin atau juga bisa dengan gerinda tangan.
  • Material Mortar seperti thin set mortar, atau pilih dari sejumlah perekat ubin yang tersedia.
  • Tiling grout dan sealant. Tiling grout tersedia dalam berbagai warna sehingga Anda dapat memilih yang cocok dengan desain Anda.

Buat Layout lantai Anda

Sebelum memasang lantau, hal pertama yang harus dilakukan di ruangan tersebut adalah mengukur panjang dan lebar lantai. Hal ini Anda akan membantu untuk menentukan bagaimana Anda memasang ubin keramik dan memperkirakan jumlah ubin keramik yang harus Anda beli.

Mulailah dengan menemukan titik pusat dari area lantai. Anda dapat melakukan ini dengan mengukur ruangan dengan menyilang dari sudut ke sudut dan menandai tengah-tengahnya. Perpotongan dari kedua garis merupakan titik pusat lantai yang akan Anda pasangi ubin. Buat garis dengan kapur. Garis-garis kapur ini akan membantu Anda dalam hal posisi untuk meletakkan ubin.

Baca juga :  Cara-Cara Membuat Tali Air pada Dinding

Pemasangan ubin dimulai

Tempatkan ubin pertama di perpotongan dua garis tadi. Rekatkan ke subfloor dengan menggunakan thin set mortar, atau adhesive ubin yang Anda pilih. Penggunaan cetok bertakik untuk membubuhkan mortar adalah pilihan terbaik untuk memasang ubin keramik. Namun Anda tetap dapat menggunakan cetok biasa jika Anda tidak memilikinya.

Untuk mengepaskan ubin pada tempatnya, tekan ke bawah sambil menggerakkannya maju mundur sampai posisi ubin mantap. Jika ada mortar atau adhesive yang meluber keluar, gunakan cetok (atau spon basah) untuk menyingkirkannya. Lakukan proses ini sampai ubin berikutnya, dan seterusnya, sampai Anda selesai memasang.

Baca juga : Cara Menghitung Kebutuhan Air pada Bangunan

Mengisi sela-sela ubin

Setelah ubin keramik terpasang, waktunya mengisi sela-sela ubin dengan grout. Grout adalah material terbuat dari semen, pasir, air, dan sedikit warna. Ia digunakan untuk mengisi sela-sela ubin dan merekatnya.

Grout tersedia dalam berbagai warna dan Anda dapat memilih yang sesuai dengan warna ubin. Gunakan rubber grout float dan masukkan grout ke sela-sela ubin. Gunakan grout float pada sudut sedemikian rupa sehingga Anda dapat mengisi celah dengan sebanyak mungkin grout.

Demikian prosesnya semoga bermanfaat untuk anda bila memasang kramik sendiri dirumah agar anda dapat mengkreasikan keinginan anda, temukan info menarik tentang.

Credits :


Salam dari Arsitur : Terima kasih sudah berkunjung ke ARSITUR. Kami berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update. Kami juga melayani JASA GAMBAR DAN DESAIN MURAH BERKUALITAS. Bantu kami mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini kepada teman-teman lainnya. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke arsiturstudio@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar