Definisi Konsultan Perencana, Tugas, Karir, Gaji dan Asosiasinya - Arsitur Media Desain

Definisi Konsultan Perencana, Tugas, Karir, Gaji dan Asosiasinya

- 7/30/2019


Definisi Konsultan Perencana


Definisi Konsultan Perencana, Tugas, Karir, Gaji dan Asosiasinya
Berikut ini adalah definisi dari Konsultan Perencana berdasarkan beberapa sumber yang relevan :

1. Keputusan Direktur Jenderal Cipta Karya No. 295/KPTS/CK/1997

Konsultan perencana adalah perusahaan yang memenuhi persyaratan untuk melaksanakan tugas konsultasi dalam bidang perencanaan (planning) lingkungan, perancangan (designing) bangunan beserta kelengkapannya, berfungsi membantu pengelola projek untuk melaksanakan pengadaan dokumen perancangan, dokumen lelang, dokumen pelaksanaan konstruksi dan memberikan penjelasan pada waktu pelelangan serta memberikan penjelasan terhadap persoalan-persoalan perancangan yang timbul selama tahap konstruksi serta bertanggung jawab secara konstruksi kepada pemimpin projek atau pemimpin bagian projek. (Keputusan Direktur Jenderal Cipta Karya No. 295/KPTS/CK/1997, Petunjuk Pelaksanaan  Pembangunan Gedung Negara yang Penyelenggaraannya Diberikan Bantuan Teknis, 1997 )

2. Konsultan Perencana (Ervianto, 2002) adalah :

  1. Orang  atau badan hukum yang membuat perencanaan bangunan secara lengkap baik bidang arsitektur, sipil, interior maupun bidang lain  yang melekat erat dan membentuk sebuah  sistem bangunan.
  2. Konsultan perencana  dapat berupa perseorangan, perseorangan  berbadan hukum, atau badan hukum yang  bergerak dalam bidang perencanaan   

Dari beberapa pendapat ahli di atas dapat disimpukan pengertian konsultan perencana adalah seseorang atau kelompk yang memberikan ide gagasannya kepada klien dengan imbalan berupa fee atau sebagainya untuk mewujudkan keinginan klien dalam mengelola lingkungan bianaan baik dari skala makro sampai dengan skala mikro berupa desain bangunan.

Deskripsi Pekerjaan (Job Desc) Konsultan Perencana

Konsultan perencana yang bekerja di bidang desain arsitektur, interior, grafik, dan mode fashion merupakan pihak yang meminjamkan keahlian mereka untuk membantu mengembangkan produk, menciptakan ruang arsitektural/interior, membuat prototipe, atau membantu menciptakan mode pakaian baru.

Dalam peran ini, konsultan perencana bertugas mengevaluasi kebutuhan pelanggan atau klien, bekerja dengan teknisi dan unit produksi, memilih desain interior seperti furnitur dan aksen, mengawasi tata letak proyek di lapangan serta memilih tema mode pakaian. Konsultan perencana dapat membuat tampilan produk, membantu dalam proses pemasaran atau menggunakan perangkat lunak yang relevan untuk menghasilkan ruang atau desain pakaian.

Konsultan perencana bekerja di berbagai industri, seperti toko ritel, perusahaan desain arsitektur/interior, atau perusahaan desain grafis. Diharapkan juga berkembang tren pertumbuhan untuk perancang situs web untuk perusahaan dan perluasan bangunan komersial dan proyek baru, yang akan memainkan peran utama dalam pertumbuhan lapangan kerja bidang ini.

Tugas dan Tanggung Jawab Konsultan Perencana

Untuk memenuhi tuntutan pekerjaan ini, konsultan perencana harus menyelesaikan beberapa tugas selama hari kerja mereka. Kami telah memeriksa beberapa daftar pekerjaan untuk konsultan perencana dan telah menemukan yang berikut ini sebagai salah satu tanggung jawab paling umum untuk pekerjaan ini:

1. Mengevaluasi Kebutuhan Klien

Tergantung apakah mereka bekerja di bidang mode, grafis, industri, atau desain interior. Konsultan perencana bertugas memeriksa kebutuhan klien atau pelanggan mereka. Mereka biasanya meninjau faktor-faktor, masalah dan potensi seperti ruang interior, audiens target, tata letak situs web, dan aspek lainnya untuk memastikan bahwa semuanya sudah memenuhi spesifikasi yang diharapkan klien / pelanggan.

2. Membuat Prototipe atau Gambar

Di area mana pun konsultan perencana bekerja, mereka biasanya menyediakan prototipe atau gambar desain mode, tata letak interior, situs web, materi iklan, model industri, dan representasi lainnya untuk memberi klien atau pelanggan mereka gambaran tentang bagaimana produk nantinya akan terlihat/terwujud. Mereka biasanya menggunakan perangkat lunak desain digital, cetak biru (blueprint), dan alat lain untuk mengirimkan materi ini.

3. Memerbaiki Desain yang Ada

Konsultan perencana tidak selalu diharuskan untuk membangun produk atau ruang baru, dalam beberapa kasus mereka mendesain ulang pengaturan interior, mode, atau grafik yang ada untuk meningkatkan kualitas desain yang ada atau memperbaiki kerusakan sebelumnya. Konsultan perencana akan bekerja erat dengan banyak profesional lainnya untuk membuat saran dan meningkatkan desain saat ini seperti yang diminta.

4. Keterampilan Konsultan Perencana

Untuk menemukan kesuksesan sebagai konsultan perencana, seseorang harus menampilkan keterampilan kreatif, komunikasi, dan organisasi yang kuat. Konsultan perencana haruslah mandiri yang berorientasi pada tujuan dan sasaran. Konsultan perencana harus mampu bekerja dengan tim-tim yang terdiri dari beragam individu dan memiliki kesadaran yang mendalam tentang manajemen waktu dan konsep anggaran.

Harus memahami juga mengenai proses penjualan, kepribadian yang antusias, dan semangat bersaing adalah aset penting bagi konsultan perencana. Selain keterampilan penting ini, penting bagi konsultan perencana untuk memiliki kemampuan diantaranya :
  1. Lay out dan memilih aksesori untuk desain interior
  2. Memilih gambar dan bantu dalam tata letak situs web
  3. Menyiapkan ruang interior untuk setting industri
  4. Desain tema warna, kain, dan aspek lain dari desain mode
  5. Membuat tampilan produk

Peralatan Konsultan Perencana

Berbagai alat dan media tersedia untuk membantu konsultan perencana menyelesaikan tugas yang dibebankan kepada mereka. Jika Anda memiliki keinginan untuk bekerja sebagai konsultan perencana, Anda harus memiliki lebih dari sekadar pemahaman dasar pada alat-alat atau media seperti berikut:
  • Perangkat lunak AutoCAD - pengetahuan tentang perangkat lunak desain berbantuan komputer (CAD) sangat penting untuk konsultan perencana di semua bidang desain
  • Perangkat lunak dan teknologi desain grafis - konsultan perencana sering perlu menggabungkan penggunaan program seperti Adobe Photoshop untuk membuat gambar dan ilustrasi grafis
  • Aplikasi komputer dasar - mulai dari mengirim email kepada pelanggan hingga membuat spreadsheet, konsultan perencana harus memiliki pengetahuan yang kuat tentang aplikasi Microsoft Office, seperti Excel dan Outlook

Pendidikan dan Pelatihan Konsultan Perencana

Dimana pun konsultan perencana bekerja, seringkali mereka diharuskan memiliki gelar sarjana. Dengan demikian, mereka yang tertarik dalam pekerjaan ini harus memiliki gelar sarjana dalam bidang grafis, mode, arsitektur, landscape atau desain interior.

Berbagai sertifikasi dan asosiasi tersedia untuk konsultan perencana. Misalnya, sertifikasi dari IAI (Ikatan Arsitek Indonesia) untuk kategori Desain Arsitektur atau mendapatkan sertifikasi dalam perangkat lunak desain grafis tertentu. Di beberapa negara, mereka yang bekerja di bidang desain interior harus memiliki lisensi khusus.

Gaji Konsultan Perencana

Gaji tahunan rata-rata konsultan perencana dapat sangat bervariasi tergantung pada bidang tempat mereka bekerja. Fresh Graduate Arsitek misalnya bisa mendapatkan gaji di atas UMR (Kurang Lebih 3-5 juta untuk tahun 2019) dan akan terus meningkat seiring perkembangan pengalaman, lama bekerja dan jumlah sertifikasi yang dimiliki.

Sementara Konsultan perencana juga bisa mengambil job freelance atau paruh waktu yang biasanya akan dibayar per proyek atau per desain yang mereka tangani. Mereka yang mengambil job freelance akan mengambil keuntungan penuh dari sebuah proyek. Untuk arsitek misalnya berhak mendapatkan fee sekitar 5% - 7% dari total nilai proyek yang dikerjakan. Misalnya untuk membangun rumah dengan budget 500 juta, maka konsultan arsitek bisa mendapat fee sebesar 25 juta untuk pekerjaan desain, koordinasi dan suvervisi. Ini tergantung kesepakatan dan kontrak yang dibuat sebelumnya dengan klien.

Asosiasi Konsultan Desain

Di Indonesia sudah ada banyak asosiasi yang menaungi profesi konsultan perencana dan mereka juga yang menyediakan sertifikasi untuk orang-orang yang ingin mengembangkan karir di bidang konsultan perencana. Adapun beberapa contoh asosiasi yang terkenal misalnya :
  • IAI (Ikatan Arsitek Indonesia)
  • HDII (Himpunan Desain Interior Indonesia)
  • APPMI (Asosiasi Perancang dan Pengusaha Mode Indonesia)
  • INKINDO (Ikatan Nasional Konsultan Indonesia)
  • Dan masih banyak lagi

Demikianlah mengenai Definisi Konsultan Perencana, Tugas & Tanggungjawab, Keahlian, Karir, Gaji dan Asosiasi yang menaunginya. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan.

Dapatkan dalam PDF



Silahkan tuliskan komentar, Jika ingin berdiskusi lebih lanjut silahkan email ke parsikaproject@gmail.com
EmoticonEmoticon

 

Ketikan dan tekan Enter