Skip to main content

Pengertian Cottage / Pondok Wisata

Cottage biasanya adalah rumah kecil. Mungkin kata cottage dalam banyak pengertian sering dibuat konotasi menjadi bangunan tua atau kuno. Dalam pengertian modern, cottage biasanya merupakan hunian sederhana, yang dibuat nyaman, biasanya di lokasi pedesaan atau semi-pedesaan.

Kata cottage ini berasal dari arsitektur Inggris, di mana awalnya merujuk pada sebuah rumah dengan ruang tamu lantai dasar dan lantai atas dari satu atau lebih kamar tidur yang pas di bawah atap. Dalam bahasa Inggris, istilah cottage sekarang menunjukkan hunian kecil atau bangunan tradisional yang terletak di pedesaan atau dekat pemandangan alam seperti pantai, danau ataupun sungai.

Cottage awalnya hanya berupa rumah yang terpisah, atau bertingkat, seperti yang dibangun untuk menampung pekerja di desa-desa pertambangan di Inggris. Akomodasi yang disediakan untuk pekerja pertanian biasanya berupa pondok kecil atau di Indonesia sering dikenal dengan istilah gubuk.

Pengertian Cottage / Pondok Wisata

Pondok Wisata Bedugul Lake View yang Menghadap Danau di Tabanan Bali
Pondok Wisata Bedugul Lake View yang Menghadap Danau di Tabanan Bali


Merupakan sejenis akomodasi yang berlokasi di sekitar pantai atau danau dengan bentuk bangunan – bangunan terpisah, disewakan untuk keluarga, serta dilengkapi dengan fasilitas rekreasi. Pondok wisata sering juga kita kenal sebagai tempat penginapan yang bersifat sementara. Namun dalam konteks ini cottage ditujukan untuk memajukan dan meningkatkan kepariwisataan. 

Esensi dari pondok wisata itu sendiri adalah merupakan sebuah wadah yang berupa unit hunian sebagai pendukung bagi kawasan/kompleks sekitar wisata yang berbentuk pondok penginapan. 

Menurut Downing A. Jockson dalam bukunya The Architecture of Country House menyatakan Pondok Wisata adalah tempat tinggal dalam ukuran kecil untuk ditempati oleh keluarga dan sebagian besar pondok wisata tidak ditempati oleh masyarakat bawah tetapi oleh orang pekerja, orang yang berwisata yang ingin merubah citra dalam industri pariwisata.

Cottage juga dapat menggunakan konstruksi modern yang dirancang menyerupai rumah-rumah tradisional. Ini banyak diterapkan untuk desain cottage yang dibuat dalam kawasan villa. Seringkali  kita bingung menentukan perbedaan antara cottage dan villa, hal tersebut karena secara bangunan keduanya sangat mirip.

Cottage biasanya digunakan untuk menyebut villa yang lebih kecil, yang terdiri dari satu sampai dua kamar tidur, dan dibangun berdekatan satu sama lain.

Referensi :

Salam dari Arsitur : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. ARSITUR berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke arsiturstudio@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar