Alternatif Material Pengganti Kayu - Arsitur Media Desain

Alternatif Material Pengganti Kayu

- 7/19/2019



Kayu merupakan material yang banyak dibutuhkan dalam bidang konstruksi arsitektur maupun desain interior. Mulai dari membuat struktur bangunan, bahan finishing hingga untuk dijadikan furniture, banyak menggunakan material kayu.

Selain karena kekuatan kayu, bahan ini digemari juga karena keindahan seratnya yang alami. Namun seiring waktu kayu menjadi semakin langka karena banyak penebangan pohon dan regenerasinya yang cukup lambat terutama untuk kayu ulin dan jati.

Langkanya kayu menjadikannya sulit dicari dan mahal. Karena itu banyak orang menggunakan alternatif pengganti kayu. Berikut adalah beberapa alternatif pengganti kayu terbaik yang sering digunakan dalam bangunan maupun furniture :

01. Bambu sebagai Alternatif Alami Material Kayu

Furniture bambu tak kalah dengan kayu
Furniture bambu tak kalah dengan kayu, img by insteading.com

Secara alamiah, Bambu adalah material yang karakternya paling dekat dengan kayu. Mempunyai tingkat kekuatan yang baik serta tahan lama apabila diolah dengan baik. Reproduksinya juga lebih cepat dari kayu. Bambu juga termasuk material yang ramah lingkungan.

Secara tampilan, bambu memiliki tampilan serat yang unik, tak kalah indah dan alami layaknya serat kayu. Meskipun demikian secara umur bambu lebih cepat rusak dibanding beberapa jenis kayu, namun dengan perkembangan teknologi pengawetan bambu, kini material ini banyak digunakan dalam berbagai produk konstruksi dan furniture.

02. Komposit Kayu (Wood Composites) atau Kayu Mekanik

kayu komposit sebagai alternatif kayu asli
Contoh kayu komposit yang bisa menggantikan kayu asli

Seperti namanya, material ini merupakan kombinasi kayu bekas dengan plastik dan material lainnya. Bersama dengan bahan lain, potongan kayu bekas ini dipress dan dilem bersama hingga merekat kuat. Jika dibandingkan dengan kayu, material ini tentu lebih sustainable. Perawatannya pun lebih mudah dibandingkan dengan perawatan kayu asli.

Komposit kayu dibuat untuk mengatasi kelemahan pada kayu seperti mudah termakan rayap dan jamur. Material komposit ini diklaim lebih tahan terhadap cuaca dan memiliki kekuatan yang hampir sama dengan beberapa jenis kayu asli.

03. Kayu Plastik (Plastic Wood) atau Wood Plastic Composite

Kayu Plasti WPC sebagai alternatif material kayu yang mulai langka
Kayu Plasti WPC sebagai alternatif material kayu yang mulai langka


Plastic Wood adalah material plastik yang dibuat serupa dengan kayu baik warna dan tekstur. Kekuatannya sama dengan kayu bahkan lebih kuat. Bisa untuk struktur maupun finishing. Selain itu sifatnya yang tahan cuaca membuatnya mini perawatan.

Karena terbuat dari plastik tentu jenis kayu alternatif ini lebih tahan terhadap rayap dan jamur, selain itu kekuatannya juga tak kalah dengan kayu asli. Motifnya pun dapat dicetak menyerupai beberapa serat kayu yang indah seperti jati dan kamper.

04. Kayu Beton (Concrete Wood)

Kayu beton sebagai alternatif kayu asli
Kayu beton sebagai alternatif kayu asli
 
Bahan ini sejatinya adalah sejenis campuran beton yang dicetak dengan bentuk dan tekstur menyerupai kayu. Sangat kuat dan tahan cuaca. Namun dibandingkan dengan plastic wood sepertinya masih terlihat kurang alami.

Kayu beton atau concrete wood ini juga memiliki ketahanan yang luar biasa khususnya terhadap panas dan hujan. Seringkali material kayu beton ini digunakan untuk bahan lisplank atap limasan sebagai alternatif dari lisplank kayu yang lebih mahal.

05. Keramik Motif Kayu

Keramik motif kayu
Keramik motif kayu

Keramik adalah material yang terbuat dari tanah liat yang dibakar hingga memiliki lapisan glasur dengan berbagai macam motif. Salah satu motif yang dibuat adalah motif kayu, menjadikan keramik sebagai bahan alternatif kayu yang terbaik untuk menggantikan bahan lantai kayu/parquet.

Selain itu, harga keramik yang murah dan pemasangan yang mudah menjadikannya bahan favorit pengganti lantai kayu yang lebih mahal. Keramik motif kayu ini tidak hanya bisa dipasang di lantai, tetapi juga di dinding ruangan.

06. Vinyl Motif Kayu

Vinyl Motif Kayu
Vinyl Motif Kayu

Vinyl sendiri adalah material yang terbuat dari bahan dasar plastik dengan permukaan bermotif yang dicetak dengan printer di atas bahan khusus. Vinyl dijual dalam bentuk potongan dengan ukuran tertentu. Vinyl motif kayu dapat dicetak dengan memiliki motif dan tekstur layaknya kayu asli.

Sebagai material alternatif kayu asli, Vinyl dapat digunakan dalam banyak bagian bangunan maupun furniture. Seringkali orang menggunakan vinyl untuk lantai sebagai pengganti parquet. Dibandingkan dengan keramik, vinyl lebih hangat ketika diinjak dengan kaki telanjang.

07. HPL Motif Kayu

kitchen set hpl kayu jati
kitchen set hpl kayu jati

HPL adalah bahan plasti yang populer belakangan ini. HPL adalah singkatan dari High Pressure Laminated yang dapat dibuat dalam banyak warna dan motif. HPL dapat dicetak menyerupai kayu asli dengan motif dan tekstur yang mirip.

HPL dijadikan alternatif pengganti kayu dalam banyak produk furniture yang menggunakan bahan dasar kayu komposit atau MDF (papan arbot). Lembaran HPL yang tipis dapat digunakan untuk membungkus furniture MDF yang kasar dan menampilkan permukaan mengkilap seperti terbuat dari kayu asli.

Referensi :
  • http://www.networx.com/article/10-materials-that-could-replace-wood-one



Silahkan tuliskan komentar, Jika ingin berdiskusi lebih lanjut silahkan email ke parsikaproject@gmail.com
EmoticonEmoticon

 

Ketikan dan tekan Enter