Pengertian / Definisi Mall Menurut Beberapa Ahli - Arsitur Media Desain

Pengertian / Definisi Mall Menurut Beberapa Ahli

- 7/06/2019


Konsep Green Mall - Taiwan

Beberapa Pengertian tentang mall diantaranya sebagai berikut :
1. Mall adalah jenis dari pusat perbelanjaan yang secara arsitektur berupa bangunan tertutup dengan suhu yang diatur dan memiliki jalur untuk berjalan jalan yang teratur sehingga berada diantara antar toko-toko kecil yang saling berhadapan.  

2. Mall Adalah kompleks pertokoan yang dikunjungi untuk membeli atau melihat dan membandingkan barang-barang dalam memenuhi kebutuhan ekonomi sosial masyarakat serta memberikan kenyamanan dan keamanan berbelanja bagi pengunjung

3. Mall merupakan bentuk usaha perdagangan individual yang dilakukan secara bersama melalui penyatuan modal dengan tujuan efektivitas komersial (Beddington, Design For Shopping Centre).

4. Mall merupakan suatu tempat kegiatan pertukaran dan distribusi barang/jasa yang bercirikan komersial, melibatkan perencanaan dan perancangan yang matang karena karena bertujuan memperoleh keuntungan (profit) sebanyak-banyaknya (Gruen, Centers for Urban Environment : Survival of the Cities). 

5. Mall merupakan kompleks perbelanjaan terencana, dengan pengelolaan yang bersifat terpusat, dengan sistem menyewakan unit-unit kepada pedagang individu, sedangkan pengawasannya dilakukan oleh pengelola yang bertanggung jawab secara menyeluruh (Beddington, Design for Shopping Centre).

6. Mall merupakan sekelompok kesatuan pusat perdagangan yang dibangun dan didirikan pada sebuah lokasi yang direncanakan, dikembangkan, dimulai dan diatur menjadi sebuah kesatuan operasi (operation unit), berhubungan dengan lokasi, ukuran tipe toko, dan area perbelanjaan dari unit tersebut (Urban Land Institute, Shopping Centre Development Handbook).

7. Mall merupakan suatu wadah dalam masyarakat yang menghidupkan kota atau lingkungan setempat. Selain berfungsi sebagai tempat untuk kegiatan berbelanja atau transaksi jual beli, juga berfungsi sebagai tempat untuk berkumpul atau berekreasi (Beddington, Design for Shopping Centre).

8. Mall diartikan sebagai suatu area pergerakan (linier) pada suatu area pusat bisnis kota (central city business area) yang lebih diorientasikan bagi pejalan kaki. Berbentuk pedestrian dengan kombinasi plaza dan ruang-ruang interaksional (Rubenstein, 1978).

9. Mall Adalah pusat perbelanjaan yang berintikan satu atau beberapa departement store besar sebagai daya tarik dari retail-retail kecil dan rumah makan dengan tipologi bangunan seperti toko yang menghadap ke koridor utama mall atau pedestrian yang merupakan unsur utama dari sebuah pusat perbelanjaan (mall), dengan fungsi sebagai sirkulasi dan sebagai ruang komunal bagi terselenggaranya interaksi antar pengunjung dan pedagang (Maitland, 1987)

Berdasarkan beberapa definisi tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa pengertian mall atau arti mall secara arsitektural  merupakan suatu ruang rekreasi dan pusat perbelanjaan yang terdiri dari kompleks pertokoan dimana terjadi kegiatan jual beli maupun pertukaran barang dan jasa serta sebagai tempat berkumpul dan berekreasi.
Sehingga dengan demikian esensi dari shopping mall bukan sebagai pertokoan padat barang layaknya pasar, namun justru menekankan pada sebuah tempat penjualan dengan mengutakaman suasana rekreasi dan kenyamanan berbelanja. Barang yang dijual di mall bukanah barang standar, namun lebih kepada barang kualitas premium yang pembelinya mengutamakan desain, trend dan brand. Hal ini lah yang mengakibatkan harga barang di mall relatif lebih tinggi.

Berkaitan dengan Mall / Shoping Center, saya juga telah menyiapkan artikel yang relevan terkait mall sebagai pusat perbelanjaan. Selengkapnya bisa disimak disini :

Demikianlah mengenai pengertian Mall menurut para ahli. Artikel ini bisa digunakan untuk kepentingan edukasi (request), segala bentuk publikasi harus menyertakan alamat sumber arsitur.com

UNDUH ARTIKEL INI DALAM VERSI PDF



10 komentar

Silahkan tuliskan komentar, Jika ingin berdiskusi lebih lanjut silahkan email ke parsikaproject@gmail.com
EmoticonEmoticon

  1. silahkan mas, terima kasih sudah mampir

    ReplyDelete
  2. mohon izin untuk saya ambil sebagai bahan kajian pustaka saya ya..


    ReplyDelete
  3. Replies
    1. kak mau nanya untuk pdfnya kok tidak bisa di download kak?

      Delete
    2. bisa kok, karena ini menggunakan shorten link biar lebih safe, jadi nanti klo ketemu adf.ly tinggal tunggu 5 detik klik skip ad lalu link download akan muncul, semoga membantu :)

      Delete
  4. izin ambil kajian tugas nya mas.. muwun..

    ReplyDelete
 

Ketikan dan tekan Enter