Definisi Hotel dari Sudut Pandang Arsitektur dan Bisnis - Arsitur Media Desain

Definisi Hotel dari Sudut Pandang Arsitektur dan Bisnis

- 7/03/2019


Secara harfiah, kata hotel berasal dari bahasa Latin yaitu hospitium, yang artinya ruang tamu. Kata ini kemudian mengalami proses perubahan pengertian dan untuk membedakan guest house dengan mansion house yang berkembang saat itu, maka rumah besar disebut hostel. Hostel disewakan pada masyarakat umum untuk menginap dan beristirahat sementara waktu, dan dikoordinir oleh seorang host.

Hotel adalah tempat menginap siang / malam dengan pembayaran sewa. Ketahui definisi hotel yang tepat dari beberapa sumber berikut. Definisi Hotel adalah tempat di mana sistem akomodasi menginap dengan fasilitas makanan dan minuman tersedia. Hotel adalah tempat dimana fasilitas tempat tidur & istirahat, layanan makanan dan minuman tersedia dan tamu / klien membayar sewa untuk menginap siang / malam di kamar dan untuk mengambil fasilitas tersebut, maka itu disebut Hotel.

Seiring perkembangan dan adanya tuntutan terhadap kepuasan, di mana orang tidak menyukai peraturan yang terlalu banyak pada hostel, maka kata hostel kemudian mengalami perubahan, yakni penghilangan huruf “s” pada kata hostel sehingga menjadi hotel.


Definisi Hotel Menurut
Bangunan Hotel

Definisi Hotel menurut sumber terpercaya

Definisi hotel menurut SK Menparpostel Nomor KM 94/ HK 103/MPPT 1987 adalah suatu jenis akomodasi yang mempergunakan sebagian atau seluruh bangunan untuk menyediakan jasa pelayanan penginapan, makan dan minum serta jasa lainnya bagi umum, yang dikelola secara komersial.

Hotel adalah sarana tempat tinggal umum untuk wisatawan dengan memberikan pelayanan jasa kamar, penyedia makanan dan minuman serta akomodasi dengan syarat pembayaran (Lawson,1976:27).

Hotel adalah suatu bangunan atau suatu lembaga yang menyediakan kamar untuk menginap, makan dan minum serta pelayanan lainnya untuk umum (kamus Webster). Sehingga pengertian hotel adalah suatu bangunan yang menyediakan jasa penginapan, makanan dan minuman, serta jasa  lainnya yang diperuntukan bagi umum dan dikelola secara komersial.
          
Jadi secara umum, Hotel dapat diartikan sebagai suatu bangunan atau kompleks bangunan yang melayani jasa penginapan dengan sistem sewa harian yang dikelola secara komersial.

Baca Juga : Pengertian Condotel, Perbedaan Condotel dengan Apartemen dan Hotel

Definisi Hotel Menurut
Kamar Hotel

Hotel dari segi bangunan hotel

Hotel adalah sebuah bangunan, yang didirikan pada beberapa titik dan fasilitas di dalamnya. Hotel Maksimum dijalankan oleh beberapa Pemilik. Tetapi banyak Hotel yang dijalankan oleh banyak pemilik, artinya satu hotel dijalankan oleh sekitar 10 hingga 15 pemilik.

Hotel selalu menawarkan banyak fasilitas penting seperti Makanan, Minuman, Akomodasi Tidur dll. Orang-orang pergi ke hotel mana pun untuk menghabiskan malam mereka dengan aman. Jika Anda pergi ke tempat yang jauh dan jika Anda tidak memiliki kerabat di sana maka Anda akan memilih untuk tinggal di hotel untuk menginap siang atau malam.

Baca Juga : Klasifikasi dan Jenis Hotel di Indonesia Secara Resmi


Anda dapat tinggal di hotel mana saja selama yang Anda inginkan. Jika Anda ingin menginap satu malam, tidak apa-apa dan jika Anda ingin menginap lebih dari satu malam maka itu juga oke. Itu berarti hotel tidak dapat membuat kontrak dengan Anda untuk tinggal berapa lama di Hotel.

Contoh: Hotel tidak pernah membuat kontrak dengan Anda bahwa Anda harus menginap 2 atau 3 hari / malam di Hotel. Hotel memberikan fasilitas mereka tanpa kontrak apa pun kepada setiap pengunjung.

Hotel dari segi bisnis

Hotel adalah sebuah bisnis atau Enterprise, yang berjalan dengan beberapa kemampuan, kinerja, dan opsi khusus. Hotel dibuat oleh badan/perorangan dan untuk melayani orang-orang. Karena masyarakat akan memanfaatkan hotel.

Hotel tidak dapat dijalankan dengan sedikit orang yang terampil atau tidak terampil. Hotel selalu mengelola manajemen dan layanannya dengan orang-orang terampil yang baik. Hotel menyelenggarakan banyak festival sesekali berdasarkan pesanan, membuat pemasaran & penjualan produksi dan layanan yang baik.

Pada dasarnya, Hotel adalah tempat yang tepat untuk tidur atau menginap siang / malam tanpa rumah sendiri dan dengan membayar sisanya untuk menginap. Selain itu, Hotel menawarkan fasilitas makanan dan minuman dan akomodasi tidur yang baik dengan mengambil uang dari klien / tamu.



Silahkan tuliskan komentar, Jika ingin berdiskusi lebih lanjut silahkan email ke parsikaproject@gmail.com
EmoticonEmoticon

 

Ketikan dan tekan Enter