Arsitektur modern, atau arsitektur modernis adalah gaya desain yang didasarkan pada teknologi konstruksi baru dan inovatif, khususnya penggunaan kaca, baja, dan beton bertulang; gagasan bahwa bentuk harus mengikuti fungsi; sentuhan minimalis; dan penolakan ornamen. Postingan kali ini akan menyajikan sederet  daftar tokoh Arsitektur Modern dan beberapa Karyanya yang mendunia sebagai berikut :

01.  Le Corbusier

Tokoh Arsitektur Modern dan Karyanya yang Populer
Maestro arsitek kelahiran La Chaux De Fonds pada 06 Oktober 1887 dan wafat pada tanggal agustus 1965 ini adalah salah satu dari pendukung perkembangan arsitektur moderen melalui beberapa karaya dan beberapa aliran seni arsitektur moderen yang ia cetuskan, dan diantaranya adalah “Purism” adalah hasil aliran seni arsitektur yang dipengaruhi oleh aliran seni Cubism (kotak/kubus).

Alhasil, bangunan-bangunan yang berdasarkan aliran seni ini akan cenderung berujud kotak jika diamati. Dan falsafah yang terkenal dikemukakan beliau adalah “ bahwa bangunan tanpa ornamen adalah indah”. Berikut beberapa hasil karyanya :
  1. Notre Dame du Haut. Ronchamp (1950 – 1954). Perancis                        
  2. Centre Le Corbusier (1963 – 1967)  Perancis, Zurich, Switzerland
  3. Houseat Weisesenhof (1927)Stuttgart, Germany

02. Antonio Gaudi


Antonio Gaudi
Tokoh Arsitektur Modern dan Karyanya yang Populer
 

Antonio Gaudi atau lengkapnya  asli Antonio Gaudi Cornet lahir pada tanggal 25 Juni 1852, di Reus, Cataloni, spanyol. Petualangan didunia arsitekturnya dimulai ketika ia bersekolah di Escola Tecnica Superior d’Arquitectura di Barcelona.

Pada tahun 1878, karena gaya seni yang dianggap masih orisinil, Eusebi Guell salah satu orang berpengaruh di Barcelona, tertarik dengan karya Gaudi dan sekaligus sebagai awal mula dikenalnya Gaudi dalam dunia arsitektur moderen. Karya-karyanya diantranya adalah sebagai berikut :
  1. The Temple Expiatori de la Sagrada Família. (1882 – 1926). Barcelona.
  2. Cassa Batillo (1904-1906)
  3. Cassa Milla, (1906-1910), Barselona

03. Alvar Aalto

Tokoh Arsitektur Modern dan Karyanya yang Populer
Alvar Aalto atau yang bernama lengkap Alvar Hugo Hendrik Aalto adalah arsitek berkebangsaan Finlandia. Alvar Aalto lahir di Finlandia, 11 mei 1976. Aalto mulai mengenal dunia Arsitektur semenjak ia mulai belajar di Helsinki Technical  Institute (1916-1921) di bawah Armas Lindgren.

Karir pertamanya dimulai sebagai designer pameran. Pada (1916-1921) ia juga pernah menjabat sebagi kepala Arsitek Finlandia. Karya-karyanya diantra lain :
  1. Finlandia Hall (1967-1971)
  2. Aalto Teater (1983). Essen , Jerman
  3. Aalto University School of Science and Technology (1849). Helsinki

04. Aguste Peret

Tokoh Arsitektur Modern dan Karyanya yang Populer

Auguste Perret sejatinya merupakan anak seorang kontraktor bangunan, lahir di Ixelles dekat Brussels pada 12 Februari 1874. Teori-teori perancangan pertamanya yia peroleh dari membaca karya Emmanuel Eugène Viollet-le-Duc, yang menganjurkan reintegrasi bentuk arsitektur dan teknik konstruksi, yang telah pergi cara terpisah di abad ke-19.

Perret belajar di École des Beaux-Arts (1891-1895) di Paris di studio Julien Guadet. Perret pergi tanpa gelar dan bergabung dengan perusahaan ayahnya. pada tahun 1905, ia berhasil merancang karya seni arsitektur yang ia namai sebagai Perret Freres. Perret Freres keduanya dirancang dalam bangunan gedung yang terpisah sendiri dan dijalankan desain orang lain dalam beton bertulang. Berikut diantara karya-karyanya :
  1. Rue Franklin Apartement, (1902-1904, Paris
  2. Garage Pontiue, (1905), Paris
  3. Theater des Champ-elyes, (1913), Paris

05. Frank Lioyd Wright

Tokoh Arsitektur Modern dan Karyanya yang Populer
 
Frank Lloyd Wright lahir pada 8 Juni 1867 dan mwningal pada 9 April 1959. Ia adalah seorang arsitek terkenal dari awal tahun 1900-an. Rumahnya terkenal dengan julukan Robbie House, yang tata ruangnya seperti jaringan jalan yang ruwet dan jendela kaca bernoda geometris. Info selengkapnya tentang Robbie House dapat dibaca dalam buku The Wright 3 karya Blue Balliet. Iamengembangkan serangkaian gaya yang amat bersifat perorangan, sehingga gayanya sangat mempengaruhi rancang bangunan di seluruh dunia, dan oleh sebab itu sampai saat  ini ia masih merupakan arsitek terkenal dari Amerika Serikat.
Wright juga terkenal sepanjang hidupnya karena kehidupan pribadinya yang berwarna dan sering menjadi berita utama. Seperti kisahnya tentang kegagalan pernikahan pertamanya dan pembakaran serta pembunuhan di studio Taliesin miliknya pada tahun 1914. Berikut diantara karya-karyanya :
  1. Frank LIyd Wright studio (1889)
  2. Taliesnl Spring Gren Wisconsin (1911)
  3. Falling Water, bear run, Pennsylvania (1935-1937)

06. Hendrik Petrus Berlage


Tokoh Arsitektur Modern dan Karyanya yang Populer
Berlage lahir pada 1856 dan meninggal pada 1943 di Den Hag. Setelah melakukan perjalanan sebanyak 870 disepanjang benua eropa. Pada tahun 1880-an ia membentuk suatu Kemitraan di Belanda dengan Theodore Sanders yang menghasilkan perpaduan proyek praktis dan utopis. Seorang penulis menuliskan, Berlage menyelenggarakan konfrensi keanggotaan masyarkat arsitektur(CIAM).

Gaya design Berlage banyak dipengaruhi oleh arsitektur bata Neo-romantik Henry Hobson Richardson dan ini dapat dilihat dari kombinasi struktur besi yang dipadukan dengan bata pada bangunan kastil Tiga Tokek dari Domenechi Montaner. Karena karya-karyanya ia sempat dijuluki sebagi “Bapa Modernarsitektur” di Belanda dan perantara antara Tradisionalisdan modernist. Berikut diantara karya-karyanya :
  1. Stok wxchabge, (1898-1903), Amsterdan
  2. Holan House (1943)
  3. The beure van Berkage, (1896-1903), Amsterdam

07. Kenzo Tange

Tokoh Arsitektur Modern dan Karyanya yang Populer
Kenzo Tange lahir di Osaka, Jepang pada tahun 1913. Dia lulus dari Universitas Tokyo pada tahun 1938 dan bekerja untuk Kunio Maekawa sampai 1941. Ia belajar perencanaan kota di sekolah pascasarjana di Universitas Tokyo setelah itu ia diangkat posisinya sebagai asisten profesor arsitektur.

Ia menerima gelar di bidang teknik pada tahun 1959. Dua tahun kemudian mendirikan Tange Kenzo Tange dan Urtec yang kemudian menjadi Kenzo Tange Associates. Ia menjabat sebagai profesor teknik perkotaan di Universitas Tokyo 1963-1974, ketika ia pensiun sebagai mendapat gelar profesor emeritus. Berikut diantara karya-karyanya :
  1. St. Marry’s Cathedral, (1964), Tokyo
  2. Yamanashi Broadcasting and Perss Center, (1966), Kofu
  3. United Overseas Bank, (1986), Singapura

08. Louis Henry Sulivan

Tokoh Arsitektur Modern dan Karyanya yang Populer

Louis Henry Sullivan lahir 3 september 1856 dan meninggal pada 14 april 1924. Louis Sullivan dilahirkan dari ayah Irlandia dan ibu Swiss keduanya telah beremigrasi ke Amerika Serikat pada 1840-an. Ia dibesarkan tinggal bersama neneknya di Selatan (Wakefield), Massachusetts. Louis menghabiskan sebagian besar masa kecilnya belajar tentang alam, sementara di peternakan kakek dan neneknya.

Ia adalah seorang arsitek Amerika, dan telah disebut “. Ayah dari pencakar langit” sekaligus bapak Arsitekrut modern. Ia dianggap oleh banyak orang sebagai pencipta pencakar langit modern, sekaigus adalah seorang arsitek berpengaruh dan kritikus dari Sekolah Chicago, seorang mentor untuk Frank Lloyd Wright. Karya-karyanya diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. Aditorium Building (1887-1890), Chicago 
  2. Carrie Eliza Getty Tomb, Graceland Cemetery, (1890), Chicago
  3. Wainwright Building, (1890), St. Louis
 

09. Water Grophius

Tokoh Arsitektur Modern dan Karyanya yang Populer

Walter Adolph Georg Gropius lahir di Berlin pada 18 Mei 1883 dan meninggal pada 5 Juli 1969., Walter Gropius adalah anak ketiga dari Walter Adolph Gropius dan Manon Auguste Pauline Scharnweber.  Gropius menikah dengan Alma Mahler (1879-1964), janda dari Gustav Mahler.

Kemudian dari pernikahan mereka dikaruniai putri bernama Manon. Walter Gropius adalah seorang arsitek Jerman dan pendiri sekolah Bauhaus bersama dengan Ludwig Mies van der Rohe dan Le Corbusier, secara luas dianggap sebagai salah satu master perintis arsitektur modern karya-karyanya diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. The Fagus Faktiry, (1910-1911), Jerman
  2. Offis and Factory Buildings at The Webund Exhibition, (1914), Jerman
  3. Competition Entery for The Chicago Tribune Tower (1922)

10. Ludwig Mies Van der Roche

Tokoh Arsitektur Modern dan Karyanya yang Populer

Ludwig Mies van der Rohe lahir 27 Maret 1886 meninggal pada 17 Agustus 1969. ia adalah seorang arsitek berdarah Jerman-Amerika. Oleh teman-teman sekampusnya ia sering dipanggil Mies. bersama dengan Walter Gropius dan Le Corbusier, secara luas dianggap sebagai salah satu perintis arsitektur Modern. Kemudian semasa pasca Perang Dunia I, ia berusaha untuk mendirikan sebuah gaya arsitektur baru yang bisa mewakili zaman modern seperti klasik dan Gothic. ia menciptakan gaya arsitektur abad ke-20 yang berpengaruh, dinyatakan dengan kejelasan yang ekstrim dan kesederhanaan.

Bangunan karyanya banyak memanfaatkan bahan modern seperti industri baja dan kaca piring untuk mendefinisikan ruang interior. ia berusaha keras terhadap arsitektur dengan kerangka minimal urutan yang struktural seimbang terhadap kebebasan tersirat ruang terbuka bebas-mengalir. Ia menyebut bangunan itu “kulit dan tulang” arsitektur.
  1. German Pavilion International (1929)
  2. Tugendhat House (1930)
  3. Frasworth House Chicago, (1940), USA
Demikianlah Mengenai deretan Tokoh Arsitektur Modern dan Karya-karyanya yang Populer dan menginspirasi arsitek masa kini. Terima kasih telah berkunjung.

Referensi :

http://arsigraf.blogspot.com/
http://www.perkuliahan.com/
http://www.wikipedia.com/