Berbagai Jenis Konstruksi Pada Bangunan Yang Harus Anda Ketahui - Mendengar kata Konstruksi sudah tidak asing lagi di telinga, bukan? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), konstruksi adalah model atau tata letak suatu bangunan, seperti jembatan, rumah, dan sebagainya.

Sedangkan pengertian konstruksi menurut ahli adalah kegiatan membangun sarana atau prasarana. Dalam istilah arsitektur atau teknik sipil, suatu konstruksi disebut juga dengan bangunan atau satuan infrastruktur dalam satu atau beberapa kawasan.

Pengertian Konstruksi Bangunan

Konstruksi bangunan secara umum adalah suatu teknik atau cara menyusun suatu bentuk bangunan sehingga memenuhi persyaratan seperti indah, tahan lama, kuat fungsional dan ekonomis. Kata konstruksi juga dapat diartikan sebagai infrastruktur atau bangunan di suatu kawasan tertentu. Selain pengertian di atas, ternyata konstruksi juga bisa disebut model, susunan bangunan hingga tata letaknya.

Kata bangunan juga bukan hanya desain dan bentuk bangunan saja, namun dalam dunia TS juga sering disebut dengan struktur bangunan secara keseluruhan. Perlu Anda ketahui bahwa konstruksi juga tersedia khusus untuk bangunan satu lantai, namun untuk konstruksi bangunan dikenal dengan nama gedung pencakar langit. Dalam ilmu TS atau Teknik Sipil, setiap bentuk dan jenis bangunan memiliki konstruksi yang berbeda satu dengan lainnya.

Fungsi Konstruksi Bangunan

Konstruksi bangunan juga memiliki beberapa fungsi yang memiliki manfaat dalam konstruksi bangunan. Struktur bangunan juga harus diperhatikan dengan baik dan benar agar dapat memiliki fungsi sebagai berikut.

  • Bangunan itu akan menjadi lebih kuat dan lebih kuat.
  • Membuat bentuk dan desain bangunan lebih tahan terhadap bencana.
  • Sebagai penunjang keberadaan elemen konstruksi lainnya.
  • Konstruksi bangunan juga berfungsi sebagai struktur bangunan yang akan bersinergi antar konstruksi untuk membentuk satu kesatuan.
  • Sebagai media penyalur beban bangunan sehingga dapat menahan semua gaya yang bekerja pada bangunan
  • Sebagai sistem penaham guncangan saat terjadi gempa

Beberapa Jenis Konstruksi Pada Bangunan

Secara singkat konstruksi digambarkan sebagai objek dari keseluruhan bangunan yang meliputi bagian-bagian struktur. Misalnya Konstruksi Struktur Gedung adalah bentuk atau struktur secara keseluruhan dari struktur gedung. Contoh lainnya adalah Pembangunan Jalan Raya, Pembangunan Jembatan, Pembangunan Kapal dan lain-lain. Berikut beberapa jenis konstruksi yang perlu Anda ketahui.

1. Konstruksi Gedung

Jenis konstruksi ini cukup populer di kalangan kami. Konstruksi bangunan terjadi di semua kota besar atau kecil. Mulai dari pembangunan fasilitas umum seperti gedung lembaga, lembaga pendidikan, dan juga tempat rekreasi. Konstruksi suatu bangunan umumnya direncanakan oleh para arsitek dan insinyur sipil, sedangkan material yang dibutuhkan lebih ditekankan pada aspek arsitektural.

2. Konstruksi Teknik

Pembangunan jalan merupakan proyek yang meliputi penggalian, penimbunan kembali, pengaspalan jalan, serta pembangunan jembatan dan bangunan drainase. Pembangunan jalan umumnya direncanakan oleh dinas pekerjaan umum setempat dan berbeda dengan pembangunan gedung dalam hal kegiatan antara pemilik, perencana dan kontraktor.

Konstruksi teknik adalah konstruksi yang melibatkan struktur yang direncanakan dan dirancang khusus oleh para ahli dan dibuat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang terkait dengan infrastruktur. Jenis konstruksi ini dibagi menjadi dua bagian, yaitu jalan dan berat.

Sedangkan yang termasuk dalam konstruksi berat yaitu proyek utilitas suatu negara seperti bendungan, instalasi pipa, jalur transportasi selain jalan, transportasi air, dan transportasi udara. Pembangunan ini umumnya dibiayai oleh pemerintah atau kerjasama antara pemerintah dan swasta.

3. Konstruksi Industri

Yang termasuk konstruksi industri ini umumnya adalah proyek-proyek industri yang membutuhkan spesifikasi dan persyaratan khusus seperti untuk kilang minyak, industri berat atau industri dasar, pertambangan, nuklir. dll. Perencanaan dan implementasinya membutuhkan ketelitian dan keahlian, serta teknologi khusus.

Tahap-Tahap Dalam Konstruksi Industri

Tahap Pertama

Pada tahap perencanaan, ditentukan garis besar rencana proyek, termasuk perekrutan konsultan. Apa yang harus dilakukan pada tahap ini? Diantaranya adalah pembekalan, studi kelayakan proyek, pemilihan desain, penganggaran program dan pembiayaan.

Tahap Kedua

Pada tahap kedua ini, desain akan dilakukan dalam tiga periode. Tiga periode tersebut adalah periode desain awal atau pre-design, periode pengembangan desain atau design development dan periode desain akhir serta penyiapan dokumen pelaksanaan atau dokumen desain dan konstruksi akhir.

Tahap Ketiga

Pada tahap ketiga, tahap pengadaan atau tender, yang dilakukan adalah menyediakan konsultan perencana setelah ide awal dan menyediakan konsultan pengawas untuk mengawasi proyek. Setelah penyediaan konsultan, pada tahap ini juga dilakukan penyediaan kontraktor.

Tahap Keempat

Pada tahap ini, setelah kontrak ditandatangani, diterbitkan SPK atau Surat Perintah Kerja, agar pekerjaan dapat dilaksanakan.

Demikian ulasan artikel tentang Berbagai Jenis Konstruksi Pada Bangunan Yang Harus Anda Ketahui. Semoga bermanfaat.