Rumah minimalis merupakan gaya desain rumah yang lagi naik daun belakangan ini. Tren rumah minimalis menyebar luas di kalangan masyarakat di indonesia, meliputi semua kalangan dan kelas sosial masyarakat. Diminatinya rumah minimalis di indonesia karena bentuknya yang simpel, tidak banyak ornamen, elegan, dan bersih sehingga terlihat lebih modern.

Kelebihan dan Kekurangan Rumah Minimalis
Kelebihan dan Kekurangan Rumah Minimalis (img by google)

Sebagai sebuah gaya desain, pastinya rumah minimalis memiliki keunggulan dan kelemahan dibandingkan gaya rumah lainnya. Rumah minimalis juga memiliki keunikan karakter yang membuat masyarakat menggemari tren ini. Berikut akan saya jelaskan keunggulan dan kelemahan bila anda ingin membangun rumah minimalis.

Baca juga :  Alasan Memilih Desain Rumah Minimalis

Kelebihan Rumah Minimalis

Berikut merupakan kelebihan rumah minimalis yang membuat trennya begitu digemari masyarakat indonesia. Diantaranya adalah : bentuk yang sederhana, pengerjaan yang mudah, minim penggunaan dekorasi, bersih dan elegan, terlihat rapi dan modern. Masing-masing akan saya jelaskan di bawah ini :

Bentuk Yang Sederhana Dan Berlaku Umum

Salah satu hal yang digemari masyarakat berkaitan dengan rumah minimalis adalah bentuknya yang sederhana dan apa adanya. Bentuk rumah benar-benar mengacu pada fungsi dengan sangat sedikit dekorasi. Dengan demikian, tidak akan ada perbedaan yang signifikan antara gara rumah kelas atas dan kelas menengah.

Hal ini yang membuat terjadinya keseimbangan desain dalam suatu kawasan. Meskipun rumah minimalis dibuat dengan budget yang melimpah, biasanya yang tampak hanya perbedaan kelas material finishing, kerapian pengerjaan dan beberapa elemen tambahan yang digunakan. Kecuali kalau masuk ke dalam rumah mungkin akan melihat perbedaan pada furniture.

Pengerjaan Yang Mudah Dan Cepat

Rumah minimalis dengan bentuk yang sederhana sehingga relatif lebih mudah dikerjakan. Bagian finishing merupakan bagian yang cukup lama dikerjakan apalagi memiliki banyak motif dan dekorasi. Karena itu, rumah minimalis adalah pilihan rumah yang selesai tercepat. 

Rumah minimalis biasanya menggunakan finishing satu warna yang ngeblok  dan tidak tidak terlalu banyak permainan warna. Hal inilah yang membuat pekerjaan finishing rumah minimalis menjadi lebih cepat dan efisien.

Baca juga :  Tips Mendesain Rumah Minimalis yang Simple

Minim Penggunaan Dekorasi

Kelebihan dan Kekurangan Rumah Minimalis
Kelebihan dan Kekurangan Rumah Minimalis

Rumah minimalis sangat menghindari penggunaan dekorasi yang tidak penting. Dekorasi dianggap memiliki multitafsir dan untuk beberapa orang mungkin akan memberikan pandangan buruk terhadap dekorasi tersebut. Dekorasi juga dianggap tidak memiliki fungsi yang bermanfaat bagi rumah dan dianggap pemborosan.

Sedikit dekorasi pada rumah minimalis biasanya menggunakan dan geometris seperti bidang dan garis.  Bidang dan garis merupakan elemen universal yang dapat diterima setiap orang dan tidak memberikan efek multitafsir yang berlebihan.

Bersih Dan Elegan

Dengan absennya dekorasi pada rumah menjadikan elemen rumah tampak lebih bersih dan lega. Hal ini yang membuat kesan elegan pada rumah minimalis. Bidang-bidang pada dinding terlihat begitu luas dan bersih.

Kebersihan inilah yang mengangkat nilai tampilan pada rumah minimalis. Masyarakat mengidamkan rumah yang bersih dan elegan sehingga rumah minimalis bisa menjadi salah satu jawaban.

Terlihat Rapi Dan Modern

Dengan absennya dekorasi dan minimnya permainan bentuk yang dianggap kurang penting maka rumah minimalis akan terlihat lebih rapi. Bentuk-bentuk akan terlihat jelas lurus dan licin. Ini merupakan salah satu ciri arsitektur modern.

Bentuk rumah tidak lagi terlihat ruwet dan berbelit-belit.  Apalagi perkembangan budaya masyarakat indonesia yang mulai menuju arah kehidupan modern sehingga membuat rumah minimalis semakin laku.

Sedang Populer


Tidak dapat dipungkiri bahwa gaya rumah minimalis sedang naik daun di kalangan masyarakat indonesia. Hampir semua kalangan masyarakat baik atas menengah dan bawah mulai melirik gaya rumah minimalis.

Itulah yang membuat developer memilih gaya rumah minimalis sebagai gaya desain untuk properti dan rumah-rumah yang dijual. Secara pasaran, gaya rumah minimalis juga lebih menjual.

Baca juga : Koleksi Denah Rumah Minimalis Ukuran Lahan 6x12 Meter

Kekurangan Rumah Minimalis

Jika tadi disebutkan beberapa keunggulan rumah minimalis maka juga terdapat kekurangan rumah minimalis dari berbagai segi. Berikut akan saya jelaskan beberapa kekurangan rumah minimalis :

Tidak Memiliki Identitas Lokal

Rumah minimalis termasuk ke dalam gaya arsitektur modern yang tidak memperhatikan kondisi lingkungan sekitar. Rumah minimalis memiliki gaya yang berlaku umum dan terlihat sama di semua daerah. Inilah yang membuat rumah minimalis tidak mengindahkan identitas arsitektur lokal.

Hal ini yang membuat para desainer mencoba menambahkan elemen dekorasi dan ciri khas arsitektur lokal pada rumah minimalis. Namun jika ditambahkan dekorasi maka rumah tersebut tidak akan menjadi rumah minimalis lagi.

Tidak Mudah Membuat Rumah Minimalis Yang Rapi

Rumah minimalis memang dapat dikerjakan lebih cepat karena absennya elemen dekorasi dan minimnya permainan material dan warna pada rumah. Namun ternyata tidak mudah untuk membuat finishing yang rapi untuk sebuah bidang besar. Dengan keterbatasan teknologi yang ada dan skill pekerja yang belum cukup mengakibatkan finishing rumah minimalis di indonesia terkesan kurang rapi.

Anda bisa melihat sendiri contohnya pada rumah-rumah minimalis yang baru dibangun di sekitar tempat tinggal anda. Meskipun menggunakan kontraktor ternama tetapi terkadang tetap saja ada finishing yang tidak terlihat rapi.  Anda bisa melihat pada pertemuan antara dinding dan lantai, sudut ruangan, pada overstek dan topi beton.

Bidang dinding yang putih besar juga seringkali tidak lurus. Dari jauh mungkin terlihat bagus namun jika didekati akan terlihat dinding yang bergelombang. Ini adalah kasus yang sangat umum karena memang sangat sulit untuk membuat finishing yang rapi pada bidang besar. Apalagi pertemuan dua warna cat yang berbeda pasti sangat sulit membuat rapi.

Terkesan Kosong Dan Tanpa Makna

Kelebihan dan Kekurangan Rumah Minimalis
Kelebihan dan Kekurangan Rumah Minimalis

Rumah minimalis memang dibuat sederhana tanpa adanya dekorasi.  Terkadang ini yang menjadikan rumah minimalis terlihat kosong.  Tidak ada makna yang tersirat pada desain rumah minimalis. Yang ada hanyalah fungsi dan kekuatan struktur.

Salah satu dampak negatif dari berkembangnya gaya rumah minimalis adalah hilangnya identitas arsitektur lokal. Seperti yang kita tahu indonesia terlalu kaya dengan keragaman termasuk gaya arsitektur. Masing-masing daerah punya keunikan arsitektur sendiri yang menjadikannya berbeda dengan yang lain. Apabila semua dilabrak dengan gaya rumah minimalis,  bagaimana nasib arsitektur lokal kita ?  Jawabannya dikembalikan lagi kepada masyarakat indonesia sendiri

Baca Juga :  Kekurangan Rumah Minimalis dan Cara Mengatasinya

Beberapa kalangan mungkin tidak menyukai hal ini. Mereka ingin rumah mereka memiliki makna dan identitas yang membedakannya dengan rumah lainnya. Inilah yang mendorong munculnya gaya kombinasi pada rumah-rumah sekarang. Berapa mencoba menggunakan gaya minimalis hanya agar konsepnya lebih menjual meskipun sebenarnya tidak minimalis.

Misalnya gaya rumah bali minimalis. Gaya rumah minimalis yang ditambahkan dekorasi ala arsitektur bali. Dengan ditambahkan dekorasi, tidak mungkin disebut minimalis lagi.  Begitu juga dengan daerah-daerah lain di indonesia.

Agak Susah Dibersihkan

Rumah minimalis memang akan terlihat bersih dan rapi pada saat baru selesai dibangun. Namun pernahkah ada yang memikirkan bagaimana cara membersihkan dan merawat rumah minimalis ?

Pertanyaan ini mungkin belum sepenuhnya terjawab. Dominasi penggunaan warna putih untuk keseluruhan fasad bangunan membuatnya cepat kotor. Dinding yang lebar dan kosong juga lebih mudah terlihat kotor.

Tren Yang Cepat Berubah

Gaya rumah minimalis adalah sebuah trend yang sedang populer di masyarakat saat ini. Namun tidak ada yang tahu sampai kapan tren ini akan terus berlanjut. Pertanyaan ini juga masih belum terjawab.

Karakter masyarakat yang mudah bosan akan membuat gaya rumah cepat berubah dari waktu ke waktu.  Kita tidak tahu apakah gaya rumah minimalis ini akan bertahan berapa lama.

Kesimpulan

Tren rumah minimalis yang berkembang saat ini sejatinya memiliki keunggulan dan kekurangan tersendiri. Rumah minimalis disenangi karena bersih dan elegan. Namun rumah minimalis juga relatif susah dirawat dan dibersihkan. Membangun rumah minimalis bukan berarti lebih murah karena mengejar finishing yang rapi justru menjadi lebih mahal. Menurut saya sebagai orang indonesia kita tidak boleh terlalu idealis mengejar kata minimalis.

Demikianlah artikel ini semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan bagi pembaca. Jika teman-teman ingin mendapatkan Inspirasi tentang Layout Rumah Minimalis, bisa hubungi Arsitur Studio untuk Jasa Gambar Rumah Minimalis yang berkualitas dengan biaya terjangkau.