Arsitektur historicism atau arsitektur historis merupakan salah satu aliran dari gaya arsitektur postmodern. Sesuai dengan namanya aliran arsitektur ini mencoba mengangkat nilai historis ke dalam bangunan modern. Artikel ini akan membhas mengenai Pengertian Arsitektur Historicism, Sejarah Arsitektur Historicism, Ciri-ciri dan Karakteristik Arsitektur Historicism, Tokoh Arsitektur Historicism dan Contoh Bangunan bergaya Arsitektur Historicism.

Pengertian Arsitektur Historicism

Arsitektur historicism adalah aliran arsitektur yang mengambil bentuk-bentuk lama, terutama dari arsitektur klasik yang kemudian diterapkan pada bangunan modern dengan dimensi, bahan dan ukuran yang berbeda.

Menurut Colquohoun, menjelaskan bahwa arsitektur historicism merupakan aliran yang sangat memperhatikan arsitektur masa lalu. Aliran ini dibuat dengan bentukan-bentukan yang merepresentasikan sejarah, elemen-elemen seni masa lalu, prestise, rekonstruksi otentik dan demonstrasi suatu bentuk sesuai dengan makna atau tujuan yang ingin disampaikan.

Baca juga :  Pengertian Arsitektur Jenki, Karakteristik dan Contohnya

Sejarah Arsitektur Historicism

Sejarah arsitektur historicism bermula pada abad 20an. Perkembangan arsitektur modern di saat itu membawa kepada kejenuhan terhadap gaya arsitektur modern yang kaku serta monoton. Orang-orang cenderung merindukan gaya arsitektur lampau yang dinilai lebih memiliki makna. Karena adanya kerinduan terhadap bentuk-bentuk lama ini, berkembanglah gaya arsitektur postmodern pertama yaitu arsitektur historicism.

Penganut gaya arsitektur historicism ingin tetap menampilkan elemen-elemen bangunan klsik tetapi diselesaikan dengan cara modern. Misalnya ukiran yang dulunya dibuat dengan media kayu sekarang dibuat dalam media beton cetak dengan bentuk yang sama. Aliran arsitektur ini dianggap cukup berhasil berkembang di negara Jepang dan Italia.

Baca juga : Perkembangan Arsitektur Kolonial di Indonesia Beserta Contoh-contohnya

Tokoh Arsitektur Historicism

Dalam perkembangannya arsitektur historicism dipelopori oleh arsitek arsitek populer yang turut memberikan dampak terhadap gaya arsitektur history kitchen. Mereka diantaranya Kisho Kurokawa, Ieoh Ming Pei, Paul Wolton, Charles Jenks dan Curtis

Ciri Dan Karakteristik Arsitektur Historicism

Dalam suatu karya arsitektur historicism, ditemukan beberapa ciri-ciri yang menjadi keunikan arsitektur historicism. Ciri-ciri Arsitektur Historicism tersebut akan dijelaskan sebagai berikut.
  • Menggunakan kembali elemen-elemen dekorasi khususnya dekorasi gaya lama yang memiliki nilai sejarah
  • Meskipun menggunakan bentuk ala gaya lama Namun penyelesaian atau teknik pembuatannya dilakukan dengan cara yang lebih modern
  • Memperhatikan proporsi elemen-elemen bangunan misalnya meniru proporsi kolom ionic, doric dan corinthians yang berasal dari arsitektur klasik
  • Menggunakan konsep dan detail arsitektur lama secara utuh
  • Mempertimbangkan unsur sejarah terhadap proporsi, bentuk, warna maupun bahan yang digunakan
Baca juga : Arsitektur Metafora : Pengertian, Prinsip, Tokoh dan Karyanya

Contoh Bangunan Bergaya Arsitektur Historicism

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa arsitektur aliran historicism terbukti pernah sukses di Italia dan Jepang hingga tahun 1927. Berikut adalah contoh karya arsitektur historicism yang menjadi bukti perkembangan aliran arsitektur ini.

Louvre Museum oleh Ieoh Ming Pei

Louvre Museum oleh Ieoh Ming Pei
Louvre Museum oleh Ieoh Ming Pei

Pada bangunan ini ciri khas arsitektur historicism ditemui pada bentuk utamanya yang mengambil nilai sejarah dari bentuk piramida di Mesir. Sesuai dengan ciri khasnya bangunan bergaya historicism yang mengambil bentuk utuh dari arsitektur lama, yang kemudian diterapkan pada arsitektur modern dengan cara yang berbeda.

Baca juga : Pengertian Arsitektur Kontekstualisme, Sejarah, Ciri-ciri dan Contohnya

Hal ini dapat dilihat pada penggunaan material. Piramida Mesir menggunakan bahan material batu yang berat masif dan tertutup. Sementara bangunan ini memiliki penyelesaian yang berbeda yaitu menggunakan kaca dan rangka baja. Meskipun Jika dilihat dari jauh bangunan ini tetap meningkatkan kita pada piramida di Mesir.

Pacific Tower oleh Kisho Kurokawa

Pacific Tower oleh Kisho Kurokawa
Pacific Tower oleh Kisho Kurokawa

Pacific Tower ini mengambil nilai sejarah Jepang yang terinspirasi dari Chu Mon yaitu gerbang simbolik dari pintu masuk ruang minum teh di negara Jepang. Dalam bangunan ini yang ditonjolkan adalah bentuk yang bermakna, daripada hanya memikirkan efisiensi fungsi dari bentuk tersebut.

Demikianlah mengenai arsitektur porstmodern historicism. Semoga dapat bermanfaat menambah wawasan bagi pembaca.