Plugin Mirror pada Sketchup berfungsi untuk membuat objek mirror atau terbalik layaknya cermin. Sebenarnya sudah ada fitur flip along di sketchup namun masih terbilang sulit digunakan, nah dengan plugin mirror ini maka kita akan lebih mudah membuat objek simetri dan memilih titik pusat mirror dari objek yang kita pilih.

Kali ini saya ingin membagikan plugin mirror untuk sketchup semua versi, mulai dari 8, 2013, 2014, 2015, 2016, 2017, 2019, 2020 dan 2021. Suatu plugin esensial untuk kerja yang lebih efisien. Berikut cara pasangnya :

1. Unduh filenya DI SINI
2. Ekstrak dan taruh isinya di C:\Users\user\AppData\Roaming\SketchUp\SketchUp 2016\SketchUp\Plugins (nama user yang digaris bawah mungkin beda tiap pc dan angka 2016 bisa diganti sesuai versi sketchup)

Letakan plugin di sini
  
3.Buka sketchup 2016, maka plugin akan muncul

plugin mirror di sketchup

Selamat mencoba, terima kasih 
Password : desvart

Cara menggunakan plugin mirror adalah dengan pilih object, klik ikon mirror, tentukan arah axisnya dan ketika muncul dialog delete original, pilih no.


Tools mirror plugin ini sangat berguna untuk mempercepat bekerja dengan sketchup, layaknya menggambar di aplikasi CAD, mirror juga penting untuk aktivitas modeling, apalagi untuk membuat bentuk-bentuk simetris.

Semoga dapat membantu, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan pada kolom komentar.