Definisi restoran adalah tempat bisnis yang menyiapkan dan menyajikan makanan maupun minuman kepada pelanggan dengan imbalan uang. Makanan umumnya disajikan dan dimakan di tempat, tetapi banyak restoran yang juga menawarkan layanan antar makanan dan pengiriman makanan.

Restoran sangat bervariasi dalam penampilan dan penawaran layanannya, termasuk berbagai macam masakan dan model layanan mulai dari jenis restoran cepat saji dan kafetaria, hingga restoran keluarga dengan harga menengah, dan perusahaan mewah dengan harga tinggi.

Pengertian Restoran Menurut Para Ahli

Di negara-negara Barat, sebagian besar restoran kelas menengah ke atas menyajikan minuman beralkohol seperti bir dan anggur. Beberapa restoran menyajikan semua jenis makanan utama, seperti sarapan, makan siang, dan makan malam (misalnya restoran makanan cepat saji pada restoran hotel, dan restoran bandara).

Baca juga : Klasifikasi restoran menurut para ahli

Restoran lainnya juga mungkin hanya menyajikan satu kali makan (misalnya, rumah pancake hanya melayani sarapan) atau mereka dapat menyajikan dua kali makan (misalnya, menu makan siang dan makan malam).

Metis Bali - Fast Dinning
Suasana Restoran Mewah

Berikut merupakan beberapa pengertian restoran menurut para ahli :
  1. Powers (2003), Restoran adalah setiap tempat umum yang khusus menjual makanan untuk dikonsumsi di suatu tempat.
  2. Walker (2004), Restoran adalah salah satu tempat dimana pengunjung dapat menggunakan alat indra untuk menikmati pelayanan tertentu.
  3. Ninemeier dan Hayes (2006), Restoran adalah suatu operasi layanan makanan yang mendatangkan keuntungan yang mana basis utamanya termasuk di dalamnya adalah penjualan makanan / minuman kepada individu - individu dan tamu – tamu dalam kelompok kecil.
  4. Soekresno (2001), Restoran adalah suatu usaha komersial yang menyediakan jasa pelayanan makan dan minum bagi umum dan dikelola secara profesional. 
  5. Marsum (2005), Restoran adalah suatu tempat ataupun bangunan yang dikelola secara komersial, yang menyelenggarakan pelayanan dengan baik kepada semua tamu, baik berupa kegiatan makan maupun minum.
  6. Permen Pariwisata dan Ekonomi Kreatif No.11 Tahun 2014, Restoran adalah usaha penyediaan jasa makanan dan minuman dilengkapi dengan peralatan dan perlengkapan untuk proses pembuatan, penyimpanan dan penyajian di suatu tempat tetap yang tidak berpindah-pindah dengan tujuan memperoleh keuntungan dan/atau laba.
  7. Powers, Barrows, dan Reynolds (2012: 68), Kata restoran berasal dari bahasa Perancis ‘restaurer’yang berarti “restorer of energy” atau pengembalian energi. Istilah tersebut mulai digunakan pada awal hingga pertengahan tahun 1700 untuk mendefinisikan tempat umum yang menjual sup dan roti. Namun, defisni ini segala tempat umum yang menjual makanan dapat disebut restoran.
  8. Ninemeier dan Hayes (2006: 11), Restoran merupakan suatu operasi layanan makanan yang mendatangkan keuntungan dengan basis utamanya yaitu penjualan makanan dan minuman kepada orang-orang dan tamu dalam kelompok kecil 
Dari definisi – definisi menurut para ahli diatas, dapat disimpulkan Restoran adalah tempat untuk menjual makanan dan minuman yang mengutamakan fasilitas dan pelayanan yang ramah sebagai nilai jualnya walaupun harga yang ditawarkan bisa lebih mahal.

Berkaitan dengan restoran, saya sudah pernah menuliskan beberapa artikel terkait dengan restoran, untuk lebih jelasnya bisa disimak disini :

Perbedaan Restoran dan Rumah Makan

Sahabat mungkin sering bertanya, apa perbedaan restoran dan rumah makan ? Pengertian restoran dan rumah makan juga sering diartikan sama karena pada dasarnya kata restoran sendiri merupakan bahasa serapan untuk kata restaurant, seperti kata televisi untuk television.

Namun penyebutan restoran yang merupakan serapan bahasa inggris membuat suatu tempat menjadi terasa lebih tinggi derajatnya, padahal makna keduanya sama. Misalnya kita menyebut Restoran Padang dan Rumah Makan Padang. Meskipun secara definisi keduanya sama, namun kesan restoran dirasa lebih berkelas di mata masyarakat kebanyakan (pendapat ini bersifat subjektif).

Dengan begitu istilah restoran sering digunakan untuk tempat makan yang menyajikan makanan yang relatif lebih mahal dan berkelas serta tempat makan yang menyajikan masakan luar negeri. sementara istilah rumah makan cenderung digunakan untuk tempat makan yang lebih sederhana dengan harga yang lebih terjangkau.

Demikianlah mengenai pengertian restoran menurut para ahli. Terima kasih sudah berkunjung, jika anda ingin mendapatkan artikel ini dalam bentuk PDF silahkan ikuti tautan ini :

UNDUH ARTIKEL INI DALAM VERSI PDF


Daftar Pustaka :
Barrows, Clayton W., Tom Powers dan Dennis Reynolds. 2012. Introduction To Management In The Hospitality Industry, Tenth Edition. New Jersey: Waley

Marsum, W.A. 2005. Restoran dan Segala Permasalahannya. Yogyakarta : ANDI

Ninemeier, J.D. & Hayes, D.K. 2006. Restaurant operation management: principles and practices". New Jersey: Prentice Hall.

Soekresno. 2001. Manajemen Food & Baverage Service Hotel. Jakarta: Gramedia